Friday , December 6 2019
Beranda / Featured / NASA Miliki Superkomputer Berkapasitas 221 TB
deras.co.id
(Foto: Engadget)

NASA Miliki Superkomputer Berkapasitas 221 TB

NASA baru saja secara resmi mengaktifkan superkomputer baru mereka. Diberi nama Aitken, superkomputer ini terletak di Ames Research Center di Silicon Valley. Dilansir dari Engadget (26/8), sistem mutakhir tersebut menggunakan desain modular yang membutuhkan daya listrik lebih efisien dibandingkan dengan fasilitas tradisional. Sistem tersebut juga diklaim memungkinkan para peneliti agar dapat menjalankan simulasi kompleks lebih cepat.

Secara teori, Aitken diinformasikan memiliki kekuatan performa hingga 3,69 petaflop dengan kapasitas penyimpanan 221 TB. Ia memiliki 1.150 node dan 46.080 core serta ditenagai oleh sistem HPE SGI 8600 menggunakan prosesor Intel Xeon Generasi kedua dengan jaringan Mellanox InfiniBang.

Demi menjaga agar daya komputasi tetap efisien, modul housing memanfaatkan lingkungan California, menggunakan “udara luar, teknologi kipas, dan sistem sirkulasi air” agar dapat menghilangkan hawa panas dari komputer tersebut. Ini adalah pertama dari 16 modul potensial yang dapat dibangun dengan cepat dan bisa digunakan untuk komputasi serta penyimpanan data.

Konsep ini berbasis pada fasilitas purwarupa bernama Electra, yang dibangun pada tahun 2016, menampung superkomputer di dalam sepasang modul ramah lingkungan di luar fasilitas utama NASA. Penggunaan modul untuk daya dan pendinginan menghemat 2 juta kilowatt-jam dan lebih dari 3 juta galon air pada tahun fiskal 2018 dibandingkan dengan jika telah dipasang di fasilitas utama.

Superkomputer tersebut akan digunakan oleh lebih dari 1500 ilmuwan dan insinyur dari seluruh negeri, termasuk proyek-proyek seperti mengembangkan drone yang lebih efisien atau mensimulasikan bagian dalam matahari kita.

Sumber: tek.id

Baca Juga

deras.co.id

Daftar 10 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

Jakarta, Memiliki kekayaan mungkin adalah mimpi sebagian manusia di bumi. Tidak hanya dikelilingi harta, mendapatkan apa …