Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Teka-Teki Siapa Ketua MPR Akhirnya Terjawab Sudah
deras.co.id
Pimpinan sementara MPR Abdul Wahab Dalimunte (kedua kiri) dan Hillary Brigitta Lasut (kiri) memberikan palu sidang kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) usai pelantikan pimpinan MPR periode 2019-2024 di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).(Foto:Antara/Nova Wahyudi)

Teka-Teki Siapa Ketua MPR Akhirnya Terjawab Sudah

Jakarta, Calon Ketua MPR dari Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo pada akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua MPR periode 2019-2024, setelah Fraksi Gerindra menyampaikan sikapnya untuk tidak lagi mencalonkan Ahmad Muzani dan mendukung Bamsoet sebagai Ketua MPR.

Ketua MPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe mencabut skorsing yang sempat diperpanjang kembali selama 10 menit. Lalu, mempersilakan Fraksi Gerindra untuk menyampaikan hasil skorsing tadi.

“Perlu kami sampaikan sebelumnya, sejak awal kami Fraksi Partai Gerindra mengusulkan Bapak Ahmad Muzani sebagai calon Ketua MPR dalam rangka memastikan tupoksi MPR berjalan sebaik-baiknya pada periode mendatang agar agenda amandemen terbatas UUD 1945 dapat terlaksana dan GBHN bisa terlaksana dengan baik, dan memastikan empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika diimplementasikan dengan baik,” ujar Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahamd Riza Patria disambut tepuk tangan dalam Rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019) malam.

Karena itu, lanjut Riza, pihaknya terus melakukan upaya-upaya, demi kepentingan bangsa, negara, persatuan dan kesatuan serta, menjaga marwah lembaga MPR dengan mengedepankan musyawarah mufakat. Dan berdasarkan hasil konsultasi dengan Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PDIP Megawati, keduanya sepakat untuk menjaga forum musyawarah mufakat.

“Maka, Bapak Prabowo dan Ibu Mega bersepakat untuk kepentingan yang lebih besar, kami menjaga forum musyawarah dalam berbagai kebijakan penting dalam membangun bangsa dan negara,” ucapnya.

Kemudian, Abdul Wahab menanyakan kembali perihal sikap Gerindra terkait Pencalonan Bamsoet sebagai Ketua MPR yang sudah disepakati oleh 8 Fraksi. “Tadi disebutkan bahwa 8 fraksi yang mendukung saudara Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR, apakah Fraksi Gerindra dapat menyetujui?” tanyanya.

“Kami Fraksi Gerindra sudah sepakat dan setuju mengusung Bapak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR,” jawab Riza disambut riuh tepuk tangan.

Lalu, Abdul Wahab meminta persetujuan seluruh Anggota MPR yang hadir. “Karena itu, atas persetujuan Fraksi Gerindra yang terakhir maka, secara mufakat dan aklamasi saudara Bambang Soesatyo terpilih sebagai Ketua MPR. Setuju?” tanya Politikus Demokrat itu disambut persetujuan seluruh Anggota.

Lalu ia mengetuk palu satu kali sebagai pengesahan. Seluruh Anggota bertepuk tangan dan Bamsoet pun berdiri dan berkeliling untuk menyalami Anggota lainnya.

Abdul Wahab memberikan informasi bahwa Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali belum hadir. Dan meyakinkan kepada Bamsoet bahwa itu bukan suatu halangan.

“Ketua MA-nya belum hadir padahal tadi saya bilang pukul 9. Saudara Bambang Soesatyo, ini bukan halangan, tapi tanda-tanda zaman,” ucap Abdul Wahab disambut tawa anggota.

Turut hadir dalam Paripurna, Ketum Nasdem Surya Paloh dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Terima kasih untuk Ketum saya, bapak Airlangga Hartarto,” ucap Bamsoet lewat mikrofon di salah satu meja.

Bamsoet menghampiri Airlangga yang duduk di kursi yang berada di sayap kiri Ruang Paripurna MPR, menyalami dan memeluk Airlangga yang didampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Lalu ada yang meneriakkan bahwa Munas Golkar sudah selesai.

Sumber: sindonews.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …