Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Presiden Kirimkan 5000 Paket Bantuan Kepada Korban Kerusuhan Wamena
deras.co.id
Presiden Joko Widodo (Foto:Folly Akbar/Jawa Pos)

Presiden Kirimkan 5000 Paket Bantuan Kepada Korban Kerusuhan Wamena

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan 5.000 paket bingkisan berupa bahan makanan kepada korban kerusuhan Wamena, Papua. Paket itu akan dibagikan kepada pengungsi yang berada di beberapa distrik dan kampung yang ada di Jayawijaya.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, mengatakan sementara bantuan itu ditampung di dapur umum yang dibuat di Gedung Ukumiarek Asso. Saat ini ada 3.630 paket yang telah diterima, dan bantuan ini sudah didistribusikan ke Polres , Kodim dan beberapa titik pengungsi lainnya.

“Rencananya kita terima Bantuan dari Presiden itu ada 5.000 paket, dimana kita sudah distribusikan ke titik pengungsian sesuai bersama dengan logistik lainnya ke beberapa titik seperti masjid , gereja dan beberapa tempat pengungsian lain diluar kota wamena,” kata dia seperti dikutip Cendrawasih Pos (Jawa Pos Group), Sabtu (5/10).

Untuk paket bantuan dari Presiden ini, kata Jhon Banua, masih terus dilakukan pengiriman ke Wamena setiap harinya. Paket itu akan didistribusikan kepada pengungsi, dan akan terus dibagikan sampai seluruh masyarakat di Jayawijaya yang mengungsi ini bisa mendapat bagian.

Selain bantuan dari Presiden, Pemerintah Jayawijaya juga menerima 100 ton beras dari dolog yang akan digunakan untuk menangani situasi pasca kerusuhan. Selain itu, bantuan dari Kementerian Sosial, serta masyarakat lokal yang juga turut berpartisipasi memberikan bantuan pangan kepada para pengungsi di Kota Wamena dengan memberikan pangan dari hasil kebunnya.

Baca juga: Puluhan Ribu Warga Wamena Mengungsi, Ekonomi Papua Terancam Krisis

“Ada juga bantuan dari kementerian sosial, Badan Bencana dan pengusaha serta beberapa pihak dan masyarakat dari berbagai distrik yang sudah mendroping berbagai sayuran dan pangan lokal lainnya seperti umbi-umbian yang ditampung didapur umum,”beber Jhon Banua.

Jhon mengatakan bantuan bukan saja datang dari luar Jayawijaya, sebab warga lokal juga ikut membantu sayur-mayur dan ikan. Masyarakat lokal juga antar sayur, ikan, itu pun bukan hanya diberikan ke posko induk saja.Ada diberikan ke pengungsi di Polres maupun Kodim.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang ikut mengembalikan situasi Jayawijaya seperti semua, terlebih kepada masyarakat Jayawijaya yang sudah menunjukan kepeduliannya lewat apa yang diberikan kepada pengungsi di Wamena,” pungkasnya.

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …