Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / XL Axiata – PFI Medan – FJPI Sumut Gelar Workshop Fotografi Jurnalistik

XL Axiata – PFI Medan – FJPI Sumut Gelar Workshop Fotografi Jurnalistik

PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) melalui program Sisternet mendukung penyelenggaraan workshop foto jurnalistik untuk kalangan media di Medan dan sekitarnya.

Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan dan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara.

Fotografer Dokumenter yang juga mantan Ketua PFI Medan, Chalid Nasution, menjadi mentor untuk workshop yang diikuti oleh sekitar 70 jurnalis media dan netizen yang aktif dalam jurnalistik warga ini. Acara berlangsung di Grha XL Medan, Sabtu (12/10).

Chalid Nasution mengatakan,”Perkembangan teknologi smartphone memudahkan kerja jurnalistik. Berbagai fitur dalam smartphone dapat digunakan untuk menunjang kerja pewarta dalam pelaksanaan peliputan. Namun tidak semua pewarta dapat menggunakan smartphone. Perlu adanya pelatihan bagi pewarta agar dapat memaksimalkan kerja smartphone.

Begitu juga dengan masyarakat umum yang aktif sebagai pewarta jurnalistik warga, dengan kamera smartphone dan keahlian mengambil gambar yang mencukupi, mereka sudah bisa menangkap momen-momen tertentu dengan hasil yang layak untuk disampaikan ke masyarakat.

Jika fotonya jelas dan sudut pengambilan juga tepat, maka pesan yang disampaikan juga akan jelas.” Dalam workshop ini, peserta yang hadir merupakan anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, anggota Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, wartawan media online, komunitas fotografi Kota Medan, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Rahmad Suryadi, mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulannya, sebagai upaya menambah pengetahuan para pewarta dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi anggota PFI Medan.

Sedangkan Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Lia Anggia Nasution menyambut baik workshop ini, para jurnalis sekedar memotret tentu bisa dan biasa, namun untuk menghasilkan pesan yang tepat disampaikan melalui foto tersebut kepada masyarakat, butuh trik dan tips dari fotografer yang sudah berpengalaman.

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …