Thursday , November 21 2019
Beranda / Featured / Inalum Ikut Andil Tanam 250.000 Pohon di Sekitar Danau Toba

Inalum Ikut Andil Tanam 250.000 Pohon di Sekitar Danau Toba

KARO- PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum kembali bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) melakukan penghijauan Danau Toba dengan ikut serta dalam kegiatan launching penanaman sejuta pohon di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Selasa (15/10).

Pada kegiatan launching penanaman sejuta pohon yang bertemakan “Sejuta Pohon Untuk Masa Depan” tersebut, Inalum ikut serta menanam sebanyak 250.000 pohon.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Ismadi YS Jenal selaku Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia Inalum yang ikut menanam secara simbolis pohon yang diberikan oleh Inalum sebagai wujud kepedulian Inalum terhadap penghijauan Danau Toba.

“Komitmen Inalum adalah untuk terus berperan aktif dalam penghijauan Danau Toba, karena bagaimanapun Danau Toba ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai masyarakat Sumatera Utara tak terkecuali Inalum,” ungkap Ismadi pada kesempatan terpisah.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan bahwa kerusakan alam akibat perbuatan manusia tidak akan bisa diperbaiki tanpa adanya upaya pelestarian atau memperbaiki kerusakan alam.

“Kami kumpulkan 23 perusahaan di Sumut untuk bisa berkontribusi menyiapkan satu juta lebih bibit yang produktif bagi masyarakat, misalnya pohon macadamia bisa mencegah kebakaran dan kacangnya bisa dijual Rp 400 ribu. Ini menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memanfaatkan program reboisasi,” papar Agus.

Selain itu, program ini juga sejalan dengan program Pemerintah Pusat yang telah menetapkan Danau Toba sebagai kawasan pariwisata yang harus diperhatikan.

“Danau Toba luar biasa indah, banyak yang bisa kita nikmati keindahan alamnya. Danau Toba selama ini telah memberikan kontribusi buat perekonomian di sekitar kawasan Danau Toba,” tambah Agus.

Untuk memastikan keberlanjutan program ini, maka Inalum dengan Polda Sumut sepakat bibit yang ditanam harus bernilai ekonomis dan produktif sehingga dapat sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat seperti bibit pohon macadamia, durian, mangga, alpukat, jengkol, pete, aren, bambu hingga manggis.

Selain itu, Inalum juga turut menandatangani Nota Kesepakatan untuk terus menjaga kesinambungan penanaman pohon tersebut dan memberikan secara simbolis 10.000 batang bibit pohon yang terdiri dari 2.000 pinus, 2.000 Macadamea, 3.000 Mangga dan 3.000 Alpukat pada kegiatan launching tersebut.

“Kami harap program penanaman pohon ini dapat selesai tepat waktu pada Oktober 2020 sehingga masyarakat sekitar Danau Toba dapat segera merasakan manfaatnya dan Danau Toba dapat semakin terlihat keindahannya,” terang Manager Hubungan Masyarakat Inalum Bambang Heru Prayoga pada kesempatan terpisah.

Kegiatan launching penanaman sejuta pohon ini juga dapat terlaksana berkat dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Karo lewat Bupati yaitu Terkelin Brahmana dan kerjasama yang baik dengan Polres Karo yang diwakilkan Kapolres yaitu AKBP Benny R. Hutajulu.

Program ini juga merupakan salah satu tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Inalum dengan Poldasu yang telah dilaksanakan di Aula Tribrata Mapoldasu Medan pada Jumat (6/9) yang lalu dalam rangka pelestarian lingkungan khususnya di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba di beberapa kabupaten & kota sekitar Danau Toba.

Turut hadir pada kegiatan penanaman sejuta pohon ini Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia Inalum Ismadi YS Jenal, Manager Hubungan Masyarakat Inalum Bambang Heru Prayoga, Manager Pemberdayaan Masyarakat Inalum Ismail Midi, serta jajaran Poldasu, staf Inalum, pejabat daerah, TNI, Polri, BUMN, Forkompinda, Karang Taruna, dan Pemuda Setempat lainnya.
(*)

Baca Juga

deras.co.id

Uang Jama’ah First Travel Dirampas Negara, Wapres: Harus Dikembalikan

Jakarta, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta aset First Travel bisa dikembalikan ke jemaah. Ma’ruf berharap …