Thursday , November 21 2019
Beranda / Featured / Peringati Sumpah Pemuda, Warga Sei Nangka Lakukan Aksi Bersih-bersih
deras.co.id

Peringati Sumpah Pemuda, Warga Sei Nangka Lakukan Aksi Bersih-bersih

Asahan, Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, menjadi momentum bagi kelompok pemuda Desa Sei Nangka Kecamatan Sei Kepayang Barat Kabupaten Asahan.

Pada hari Sumpah Pemuda ini, mereka melakukan aksi bersih bersih dari sampah plastik yang menumpuk di pinggiran jalan utama Desa Sei Nangka

Sampah plastik dari limbah rumah tangga tersebut ditanam kedalam lobang yang telah digali.

Koordinator aksi, Nedi Panjaitan mengatakan, berkaitan dengan hari sumpah pemuda, hal ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat dan generasi muda bahwa mereka mempunyai kepedulian yang cukup tinggi terhadap lingkungan, dalam hal ini menjadi ajang sosialisasi kepada warga tentang pentingnya menjaga lingkungan dari sampah terutama sampah plastik yang dapat mengganggu kesehatan dan pemandangan.

“Mereka melakukan aksi ini mengingat tumpukan sampah plastik dari hari ke hari semakin sulit untuk dikendalikan sehingga mereka memulai untuk melakukan pengendalian sampah anorganik khususnya sampah plastik terutama di area jalan utama desa Sei Nangka.

Kata dia, tumpukan sampah tidak hanya terlihat di desa Sei Nangka terkhusus 6 Desa yang ada di Kecamatan Sei Kepayang Barat, ini membutuhkan perhatian dari segenap pihak, terkhusus Kabupaten Asahan yang harus menyediakan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

Aksi bersih lingkungan ini menurutnya, akan terus dilakukan setiap hari minggu bersama warga lebih banyak lagi.

Sementara peserta aksi, Albet Lie mengatakan bahwa dalam mengisi hari Sumpah Pemuda, salah satu aksi nyata yang bisa dilakukan pemuda adalah dengan melakukan aksi bersih yang dimulai dari orang per orang.

“Minimal bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu, kemudian mengajak yang lain untuk ikut serta dalam melestarikan lingkungan”.

Baca Juga

deras.co.id

Membanggakan, 6 Tim Peneliti Muda Sumut Ini Ikuti Kompetisi Penelitian Dunia SIIF Korea Selatan

Sebanyak 43 siswa-siswi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) yang terbagi dalam 6 tim akan …