Thursday , November 21 2019
Beranda / Featured / Ini Alasan Menag dan Kemenko PMK Akan Melarang PNS Cingkrang dan Bercadar
deras.co.id
Menko PMK Muhadjir Effendy, (Foto :VIVA/M Ali Wafa)

Ini Alasan Menag dan Kemenko PMK Akan Melarang PNS Cingkrang dan Bercadar

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy sepakat adanya penertiban penggunaan seragam di lingkungan kantor pemerintahan, wacana ini terkait dengan adanya penggunaan cadar oleh  Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Dan memang seragam itu kan harus, namanya seragam harus ada kepastian ya. Tidak boleh ada hak-hak eksklusif tertentu,” kata Muhadjir di gedung Kemenko PMK, Jakarta, Kamis 31 Oktober 2019.

Selain itu menurut mantan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Mendikbud) ini penggunaan cadar oleh ASN bisa mengganggu kerja pelayanan. Karena tugas ASN adalah melayani masyarakat.

“Saya kira itu ada baiknya itu kalau ditertibkan. Karena cadar itu memang untuk tugas-tugas pelayanan mengganggu. Masa mau ngomong dengan orang-orang kemudian harus dibuka, kan juga nggak etislah,” ujarnya.

Muhadjir memahami alasan beberapa pihak yang tetap menyatakan penggunaan cadar adalah hak. Namun ia mengingatkan ASN punya kewajiban untuk melayani masyarakat.

“Ya namanya hak itu memang harus diberikan. Tetapi jangan lupa kewajiban harus didahulukan,” tegasnya.

Sebelumnya Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengkritisi penggunaan celana cingkrang di kalangan ASN laki laki dan penggunaan cadar oleh ASN perempuan. Ia mengingat akan ada aturan berpakaian di instansi pemerintah yang harus dipatuhi semua pihak.

“Yang tidak boleh masuk instansi pemerintah itu satu, pakai helm. Kedua yang mukanya gak keliatan, saya gak sebut cadarlah, kan bahaya orang masuk gak tau itu mukanya siapa,” katanya.

Sumber: vivanews.com

Baca Juga

deras.co.id

Membanggakan, 6 Tim Peneliti Muda Sumut Ini Ikuti Kompetisi Penelitian Dunia SIIF Korea Selatan

Sebanyak 43 siswa-siswi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) yang terbagi dalam 6 tim akan …