Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / YOAM, XL Axiata dan PFI Medan Dukung Sosialisasi Deteksi Kanker Pada Anak
deras.co.id

YOAM, XL Axiata dan PFI Medan Dukung Sosialisasi Deteksi Kanker Pada Anak

Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) bekerjasama dengan XL Axiata, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan dan RSUP H Adam Malik menggelar sosialisasi deteksi dini kanker pada anak di SMA Negeri 3 Medan, Sabtu (11/1). Kegiatan sosial Goes To School ini bertema “We Know We Care” sebagai rangkaian roadshow dari persiapan Hari Kanker Anak Internasional pada tanggal 4 Februari 2020. Sosialisasi dilaksanakan dari sekolah ke sekolah agar siswa siswi paham akan bahaya kanker dan pencegahannya.

dr. Olga Rasiyanti Siregar, M.Ked (Ped), SpA(k) sebagai pembicara dalam sosialisasi ini mengatakan bahwa banyak hal yang menjadikan penyebab kanker, salah satunya adalah gaya hidup, dan beberapa gejala awal kanker seperti benjolan/pembengkakan, mudah lelah dan berat badan turun, lebam berkepanjangan, sakit kepala, perubahan bentuk mata dan kepala, sehingga harus dihindari sejak dini dan jika perlu segera dikonsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Mendeteksi kanker sejak dini sudah terbukti meningkatkan angka keberhasilan pasien yang sembuh. Tak hanya membuat pengobatan kanker lebih mudah dan efektif saja, tetap hal ini juga dapat mencegah sel-sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain. Meskipun ditakuti banyak orang karena dianggap mematikan, pada dasarnya semua penyakit kanker bisa dideteksi sejak dini.

Ketua YOAM, Atika Rahmi mengatakan bahwa, “Sosialisasi ini bertujuan sebagai edukasi agar masyarakat lebih cerdas dalam memahami tentang kanker, agar segera melakukan pemeriksaan. Sosialisasi ini bukan hanya ke anak-anak, tapi juga ke ibu-ibu, karena yang mengawasi anak-anak sehingga bisa dilakukan pencegahan dari hal-hal yang menyebabkan kanker. Kebetulan bulan Februari ada Hari Kanker Anak Internasional 2020, kami ingin meng-campaign bahwa ada yayasan yang menangani anak-anak penderita kanker yaitu Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM). Kami juga akan melaksanakan kegiatan jalan santai di Lapangan Merdeka Medan dan berbagai kegiatan lain pada tanggal 16 Februari 2020. Kami juga ingin berterima kasih kepada RSUP H Adam Malik, XL Axiata, Perwarta Foto Indonesia (PFI) Medan yang telah mensupport kegiatan ini sehingga berjalan dengan baik.”

Perwakilan SMA Negeri 3 Medan menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya dalam pencegahan dan mengetahui bahaya kanker terhadap anak-anak generasi penerus bangsa.

Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) juga telah melaksanakan roadshow ke beberapa sekolah diantaranya SMA Harapan Medan, SMA Almanar dan Sekolah Darul Ilmi di Medan. Kegiatan-kegiatan lain dengan melaksanakan donor darah diberbagai daerah termasuk di Kantor Grha XL Medan, Plaza Medan Fair dan diberbagai tempat lainnya. Darah yang terkumpul akan diberikan kepada anak-anak penderita kanker di Medan.

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …