Tuesday , September 22 2020
Beranda / Featured / Ombudsman RI: Pelayanan Publik Tahun 2019 Masih Zona Kuning
deras.co.id

Ombudsman RI: Pelayanan Publik Tahun 2019 Masih Zona Kuning

Berdasarkan hasil Survey yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia di Tahun 2019 Kabupaten Pandeglang mendapatkan nilai 75,87 atau berada di Zona Kuning, itu menandakan bahwa tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 di Pemerintah Kabupaten Pandeglang masih dikategorikan sedang atau masih ada beberapa indikator standar pelayanan publik yang belum terpenuhi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan yang didampingi oleh Asisten Ombudsman RI Zainal Muttaqin, Eni Nuraeni dan Sekretariat Ombudsman RI Ai Siti Hajizah.

dalam kunjungan kerjanya di Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Kamis, 6 Februari 2020.
Rapor tersebut diterima langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita beserta jajaran yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang, Asisten Daerah I, II dan III serta disaksikan langsung oleh 33 Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Dalam kesempatan tersebut Dedy Irsan menyampaikan bahwa tentu hasil ini harus menjadi acuan bagi Pemerintah Kabupaten Pandeglang agar terus mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan publik, terlebih bahwa pemenuhan komponen standar pelayanan publik ini merupakan amanat Undang-Undang yang wajib diikuti. “ variable yang kita nilai adalah berdasarkan Undang-Undang Pelayanan Publik, dan ini merupakan amanat Undang-Undang yang wajib dipenuhi, walaupun ditahun pertama penilaian Pemerintah Kabupaten Pandeglang berada di Zona Kuning, ini merupakan awal yang baik, karena nilainya mendekati zona hijau. semoga ini jadi acuan agar kedepannya terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik”. Ujar Dedy

Bupati Pandeglang menyambut baik hasil Survey Kepatuhan yang dilakukan oleh Ombudsman, dan merasa bersyukur atas apa yang diperoleh, walaupun saat ini masih berada di Zona Kuning, namun Pemerintah Kabupaten Pandeglang optimis kedepannya Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan berada di Zona Hijau “ini akan kami jadikan sebagai bahan evaluasi agar kedepannya kami terus berupaya untuk memenuhi komponen standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang, dan ketika di Survey oleh Undang-Undang kami yakin akan mendapatkan Zona Hijau nantinya”,Ujar Irna.

Kemudian Irna juga mengucapkan terimakasih kepada Ombudsman karena telah memberikan perhatian kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan melaksanakan Survey ini, ini sebagai pengingat bagi kami “kami Ucapkan terimakasih kepada Ombudsman, ini sebagai pengingat bagi kami, ternyata pelayanan yang kami laksanakan belum sempurna, kedepannya kami akan terus berkoordinsi dengan Ombudsman untuk memperbaiki pelayanan kami”. Ujar Irna

Seperti yang telah diketahui, bahwa Ombudsman Republik Indonesia sejak 5 tahun terakhir melaksanakan Survey Kepatuhan terhadap standar pelayanan publik sesuai dengan Undnag-Undang nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Penilaian kepatuhan ini dimaksudkan untuk mendorong pemenuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik
Dengan tujuan untuk mengumpulkan data primer terkait ketersediaan standar pelayanan sehingga mencegah terjadinya tindakan maladministrasi, selain itu yaitu untuk memonitor RPJMN Tahun 2015-2019 sektor reformasi birokrasi yaitu meningkatnya Kepatuhan Pemerintah Pusat dan Daerah atas Pelaksanaan UU Pelayanan Publik.

Pada Tahun 2019 lalu, Ombudsman Republik Indonesia melakukan Penilaian terhadap 4 Kementerian, 3 Lembaga, 6 Pemerintah Provinsi, 215 Pemerintah Kabupaten dan 36 Pemerintah Kota. Sementata itu, untuk wilayah Provinsi Banten untuk pelaksanaannya di tahun 2019 lalu telah dilakukan terhadap 3 Pemerintah Kabupaten dan 3 Pemerintah Kota, yaitu : Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang kemudian Pemerintah Kota Serang Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan

Baca Juga

deras.co.id

Mengejutkan, Menteri Agama Fachrul Razi Positif Corona

Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19. Namun saat ini kondisi fisik …