Friday , February 28 2020
Beranda / Featured / First Anniversary Hotel Information Technology Association (HITA) Sumatera Utara Sukses

First Anniversary Hotel Information Technology Association (HITA) Sumatera Utara Sukses

Dalam pemerintahan, terbitnya Perpres Nomor 95 tahun 2018, mengemukakan di seluruh lini pemerintahan sudah menggunakan elektronik berbasis Informasi Teknologi (IT). Dari hal inilah, dunia IT menjadi sangat penting diperhatikan. Karenanya, adanya Hotel Information Tecnology Association (HITA) di Indonesia diharapkan dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah di bidang IT.
Kadis Kominfo Sumut diwakili Thamrin Dedi Sunanto Aritonang, menyampaikannya saat First Anniversary Hotel Information Technology Association (HITA) Sumatera Utara di Grand Ballroom Four Points Hotel Medan, Sabtu (8/2). “Dalam pemerintahan sendiri, sudah terbit Perpres 95/2018 yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Yang di seluruh lini pemerintahan sudah menggunakan elektronik berbasis Informasi Teknologi (IT). Dengan adanya HITA, mudah-mudahan kita bisa menjalin kerja sama, khusus terkait IT,” ucapnya.
Lanjutnya, segala sesuatu yang terhubung dengan internet dan security adalah poin yang harus diperhatikan. “Untuk asosiasi perhotelan, yang harus diperhatikan ke depan adalah adanya RUU terkait perlindungan data pribadi sedang dibahas pemerintah dan rencananya akan disahkan tahun 2020. Di dalamnya, memuat tentang penyalahgunaan data pribadi konsumen yang akan dikenakan denda. Karena itu, hotel yang mengumpulkan data pribadi konsumen supaya menyimpan data itu agar tidak ada kebocoran karena di undang-undang ada (pasal) penindakan. Semoga kita bisa bergerak membangun bangsa ini bersama,” jelasnya.
Dia juga mengucapkan selamat dan berpesan agar asosiasi ini bisa semakin baik. “Ini usia sangat muda, tapi kita berharap asosiasi ini bisa semakin baik dan maju ke depan dalam memberikan kontribusi bagi Indonesia,” katanya.
Ketua HITA Sumut, Arsyad Pohan dalam sambutannya menyebutkan di bidang perhotelan maupun dunia industri yang lain, technology security ini sangat dipentingkan, apalagi di era 4.0 saat ini. “Semoga ini bisa memberikan pengetahuan lebih lagi. Sekaligus, momentum ini agar diambil sebagai momen bagi kita semoga menjadi lebih baik di masa depan,” katanya
Presiden/Ketua HITA Indonesia, Andi Aries menyatakan asosiasi ini sudah setahun berjalan. “HITA Indonesia, saat ini, sudah menjadi wadah rekan-rekan IT hotel di indonesia. HITA Indonesia sudah memiliki 8 chapter pada saat ini. Di awal tahun, sebagai pembuka, kita ketemu di Sumut. Mungkin, di Maret kita akan bertemu di Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan lainnya,” ucapnya.
Sampai saat ini, lanjutnya, HITA mengedepankan agar bisa menjadi wadah teman-teman IT. “IT hotel mempunyai karakteristik berbeda, karena bukan hanya menghadapi user mesin atau komputer, tapi kita juga harus bisa flexibel kepada pengguna alat IT yang kita siapkan. Masalah-masalah di masing-masing hotel punya keunikan sendiri-sendiri. Maka, kita ingin menjadi sebagai wadah berbagi informasi dan saat ini kita usahakan menjadi wadah yang bisa menyertifikasi teman-teman IT hotel. Karena adanya asosiasi-asosiasi hotel yang sudah punya bidang sertifikasi masing-masing. It hotel, saat ini menjadi pekerjaan rumah (PR) HITA Indonesia, ingin menyertifikasi teman-teman IT akan menjadi standar IT hotel di Indonesia,” ungkapnya.
Lanjutnya, keberadaan IT hotel saat ini, bukan hanya di Indonesia, tapi sudah di luar negeri. “Di antaranya, senior-senior kita yang ada di Amerika, Vietnam, Arab Saudi, dan lain-lain dan kita sudah terintegrasi dengan mereka. Kita ingin menjadikan teman-teman IT hotel di sini mampu bersaing dengan internasional. HITA juga akan saling support dengan asosiasi manapun karena kami tidak bisa bekerja jika tidak dengan semuanya,” paparnya.
Ketua Panitia, Tunggul MS, mengatakan, saat ini kita ada di era 4.0 dan selangkah lagi akan masuk 5.0. yang aspek terpenting dari itu salah satunya security (keamanan). “Jika security berjalan baik, maka segala sesuatu berksitan dengan teknologi akan baik. Para vendor pada acara ini akan mempresentasikan beberapa update dan upgrade. Bagi HITA Sumut yang terpenting, kegiatan ini dapat lebih menjalin silaturahmi dan hubungan antar komunitas,” tambahnya.
Ketua IHGMA Zulham diwakili Edi Suprayatno, berharap para petinggi di HITA dapat lebih melakukan pembinaan khususnya kepada para pelakunya. “Jika mentalitas baik, mudah2an sistem bisa dijaga dengan baik juga,” sebutnya.
Ketua APJII Sumut Bambang Heru diwakili Andri juga menyebutkan, terkait sertifikasi di bidang keahlian ataupun perangkatnya, kemungkinan bisa dilakukan kolaborasi. “Bisa kita kolaborasi untuk seluruh Indonesia,” sebutnya sembari mengucapkan selamat untuk 1st Anniversary HITA Sumut.
Turut hadir, sejumlah stakeholder terkait, juga dari HITA Kepri, HITA Jawa Barat, para vendor, dan tamu undangan lainnya.
Saat acara, Ketua HITA Sumut melakukan peniupan lilin anniversary, pembagian potongan kue kepada pendukung dan stakeholder. Dilakukan juga penyerahan penghargaan plakat juga oleh Ketua HITA Sumut kepada para stakeholder, di antaranya perwakilan Kominfo Sumut, sejumlah pengurus HITA serta instansi yang sudah mendukung. Dilakukan juga peninjauan stan-stan dan presentasi dari para vendor dan pendukung stan.

Karel Martinus Wijaya dari Aruba dalam presentasinya menyebutkan, security saat ini semakin kompleks karenanya dunia IT harus benar-benar diperhatikan. “Hospitality dan Cyber Security, saat ini, bahaya saat ini adalah saat mau hack orang, bisa saja menginap di suatu hotel. Karena IP yang terdetect adalah IP hotel itu sendiri. Maka itu berbahaya, indikasinya malah ke orang IT itu sendiri. Kadang-kadang security tidak terlalu diperhatikan tapi begitu kejadian baru terasa begitu mahalnya,” paparnya.

Baca Juga

Kerajaan Saudi Larang Umrah, Nasib Jama’ah Tak Jelas Rimbanya

Setelah Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan larangan umrah, nasib jama’ah dipertaruhkan. Pada hari larangan resmi dipublikasikn saja, …