Friday , February 28 2020
Beranda / Featured / Agama Adalah Musuh Pancasila, Wapres Minta Klarifikasi Kepala BPIP
deras.co.id
Wakil Presiden Maruf Amin saat ditemui wartawan di Kantor BKKBN, Jakarta, Rabu (12/2). (Foto: Republika/Fauziah Mursid)

Agama Adalah Musuh Pancasila, Wapres Minta Klarifikasi Kepala BPIP

Jakarta, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi mengklarifikasi pernyataannya kepada masyarakat. Ini berkaitan pernyataan kontroversial Yudian yang menyebut agama adalah musuh Pancasila.

“Saya berharap beliau mengklarifikasi ucapannya itu,” ujar Ma’ruf kepada wartawan di Kantor BKKBN, Halim, Jakarta Timur, Rabu (12/1).

Menurut Ma’ruf, klarifikasi harus dilakukan agar pernyataan Yudian yang baru dilantik sepekan itu tidak menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat. Sebab, Ma’ruf tidak menginginkan terjadi kegaduhan di masyarakat akibat pernyataan Yudian tersebut.

“Saya kira itu kita mengharapkan beliau bisa mengklarifikasi supaya tidak timbul kontroversi dan terjadi salah paham, sehingga menimbulkan kegaduhan,” ujar Ma’ruf.

Belum ada seminggu menjabat, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi membuat pernyataan kontroversional. Dalam satu pernyataan di media nasional, Yudian mengatakan musuh terbesar Pancasila adalah agama, bukan kesukuan.

Pernyataan itu terkait dengan adanya kelompok-kelompok tertentu yang mereduksi agama sesuai dengan kepentingannya sendiri dan bertentangan dengan Pancasila. Republika.co.id sudah belasan kali menghubungi nomor ponsel Yudian Wahyudi untuk menjelaskan pernyataannya lebih jauh, tetapi tidak diangkat hingga berita ini diturunkan.

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Motivasi Pemkab Asahan Tingkatkan Kualitas Pendidikan Sekolah

Pemerintah Kabupaten Asahan lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus mempererat silaturahmi dengan seluruh Kepala Sekolah SD …