Beranda / Featured / Cegah Corona, YPSA Penyuluhan Kesehatan & Cuci Tangan yang Benar

Cegah Corona, YPSA Penyuluhan Kesehatan & Cuci Tangan yang Benar

Siswa-siswi SD, SMP, SMA, dan SDM Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA), mendapatkan penyuluhan kesehatan dan informasi tentang cuci tangan yang benar dari dr. Intan Sari Simbolon, dokter Klinik Mitra Bunda YPSA, Rabu (4/3/2020).

Kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi pencegahan penularan bakteri dan virus termasuk wabah virus Corona. Apalagi sudah ada dua WNI di Indonesia yang positif terinfeksi virus corona setelah kontak dengan orang asing.

“Ini kami lakukan sebagai antisipasi saja. Agar siswa-siswi dan guru tidak gegabah dan merasa ketakutan, karena sudah tahu pencegahannya,” kata Ketua Harian YPSA Addaratul Hasanah.

Addaratul mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi kepada guru dan siswa tentang bahaya dan pencegahan virus corona. Bahkan, sosialisasi pencegahan virus yang diberi kode Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) itu akan terus dilakukan di kelas-kelas.

“Penyuluhan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi anak-anak. Mudah-mudahan harapannya tidak ada yang terkena virus ini,” ujarnya.

Sementara itu, dr. Intan Sari Simbolon, dokter Klinik Mitra Bunda YPSA mengatakan, “Yang paling penting bagaimana siswa-siswi bisa menjaga kebersihan dan meningkatkan imunitas tubuh. Di antaranya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, banyak minum air putih, dan memakan makanan bergizi. Apabila imun kita bagus, maka tidak akan mudah terserang penyakit. Termasuk jangan lupa memakai masker bagi yang sakit dan ditunda dulu perjalanan jauh seperti ke luar negeri,” katanya.

Dokter Intan menginformasikan dan mempraktekkan cara mencuci tangan yang direkomendasikan WHO. “Pertama, basahi tangan dengan air. Kedua, tuang sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan. Ketiga, gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya. Keempat, gosok punggung tangan dan sela jari. Kelima, gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan. Keenam, genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar. Ketujuh, gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun. Kedelapan, gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir. Dan kesembilan keringkan tangan dengan lap sekali pakai”.

Dalam kesempatan ini perwakilan dari seluruh siswa-siswi SD, SMP, dan SMA YPSA mempraktekkan langsung cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Baca Juga

Perbedaan Haji Furoda, Haji Plus dan Haji Reguler

DERAS.CO.ID -Peristiwa calon haji yang tak diterima masuk ke Arab Saudi lantaran memakai visa haji …