Sunday , November 28 2021
Beranda / Berita / Badan Perlindungan Lingkungan AS Rilis 8 Jenis Disinfektan Ampuh Pembasmi Covid-19
deras.co.id
(Foto:Ist)

Badan Perlindungan Lingkungan AS Rilis 8 Jenis Disinfektan Ampuh Pembasmi Covid-19

New York, Disaat para ilmuwan hebat berjibaku menciptkan vaksin virus corona dunia kini hanya mengandalkan cairan desinfektan yang bisa mencegah penyebaran virus Corona.

U.S. Environmental Protection Agency (EPA) atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat telah merilis daftar lima produk desinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona. EPA mengklaim bahwa kekuatan produk disifektan pada daftar tersebut cukup untuk melindungi diri dalam mengekang virus corona Wuhan atau COVID-19.

Menurut EPA, produk dalam daftar tersebut “sesuai dengan ketentuan untuk penggunaan terhadap COVID-19” melalui program “Emerging Viral Pathogen program” dari badan tersebut (EPA). Seorang juru bicara EPA mengatakan perusahaan harus menunjukkan produk mereka efektif terhadap virus yang bahkan lebih sulit untuk dibunuh daripada COVID-19. Mereka juga mencatat bahwa produk apa pun tanpa nomor registrasi EPA belum ditinjau oleh agensi.

Baca juga: Tambah Dua, RSUP Adam Malik Medan Total Rawat 9 PDP Corona

Andrew Wheeler, Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Amerika Serikat (EPA), mengatakan dalam siaran pers bahwa “menggunakan disinfektan yang sesuai adalah salah satu cara penting untuk mencegah dan mengurangi penyebaran penyakit.

Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. Pengertian lain dari disinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan. Disinfektan tidak memiliki daya penetrasi sehingga tidak mampu membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam celah atau cemaran mineral. Selain itu disinfektan tidak dapat membunuh spora bakteri sehingga dibutuhkan metode lain seperti sterilisasi dengan autoklaf.

Berikut adalah beberapa disinfektan terdaftar dari EPA:

  • Lorox Multi Surface Cleaner + Bleach
  • Clorox Disinfecting Wipes
  • Clorox Commercial Solutions® Clorox® Disinfecting Spray
  • Lysol brand Heavy-Duty Cleaner Disinfectant Concentrate
  • Lysol Disinfectant Max Cover Mist
  • Lysol brand Clean & Fresh Multi-Surface Cleaner
  • Purell Professional Surface Disinfectant Wipes
  • Sani-Prime Germicidal Spray

Sumber: sindonews.com

Baca Juga

Inalum Bantu Penanggulangan Covid-19 di Tapanuli Utara

DERAS.CO.ID – Taput– Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya, PT INALUM (PERSERO) menyalurkan bantuan …