Thursday , March 28 2024
Beranda / Asahan / Dinas Kesehatan Asahan Catat Enam Warga Berstatus ODP
deras.co.id

Dinas Kesehatan Asahan Catat Enam Warga Berstatus ODP

“Enam orang yang terdata sebagai ODP, mayoritas memiliki riwayat pernah mengunjungi daerah terinfeksi, selain memiliki ciri-ciri gejala corona”, ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Nurdin dalam keterangannya kepada awak media, Jumat (20/3/2020) sore.

Posko Kesiapsiagaan Covid-19 Dinas Kesehatan Kab. Asahan yang berlokasi di Jalan Tusam Kisaran mencatat sebanyak enam warga Kab. Asahan tercatat sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dirinya juga jelaskan enam orang tersebut terdiri dari dua laki-laki dan empat perempuan dan dengan kesadaran sendiri mendatangi rumah sakit atau puskesmas karena merasa ada gejala atau baru kembali dari daerah yang rawan infeksi corona.

“saat ini ke-6 orang ODP itu menjalani karantina di rumah masing-masing dan akan dipantau oleh tim medis selama 14 hari kedepan”, terang Nurdin.

Selanjutnya Nurdin juga menghimbau seluruh masyarakat untuk tidak mengunjungi daerah rawan infeksi corona dan bila merasa ada gejala terinfeksi corona agar segera mendatangi rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Terpisah, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Syafrin Sanja Hutahean menerangkan dalam kurun waktu satu minggu, sejak Jumat(13/3/2020) hingga Kamis (19/3/2020), sebanyak 12 pasien tercatat sebagai ODP Covid-19. Namun dari 12 pasien tersebut, 6 pasien dinyatakan tidak terinfeksi.

Masih menurut Syafrin, hingga kini pihaknya terus lakukan upaya untuk memutus mata rantai penularan virus yang telah mewabah hampir di seluruh penjuru dunia itu. Dirinya juga menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam meminimalisir penyebaran virus itu, dengan menerapkan pola hidup sehat, mengurangi aktifitas di luar rumah serta segera periksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas terdekat bila mengalami gejala panas badan dan gangguan saluran pernapasan.(Kar)

Baca Juga

deras.co.id

Jika Otak Pelaku Pembunuhan Deni Pratama Ditangkap, Citra Polisi Akan Kembali Baik

DERAS.CO.ID – Medan – Jika otak pelaku pembakaran terhadap almarhum Deni Pratama (32) hingga tewas …