Thursday , April 2 2020
Beranda / Berita / 125 Ribu Rapid Test Disiapkan Pemerintah Untuk Screening Massal Covid-19
deras.co.id
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

125 Ribu Rapid Test Disiapkan Pemerintah Untuk Screening Massal Covid-19

Jakarta, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto, mengatakan pemerintah telah melaksanakan kegiatan screening test massal dengan menggunakan metode rapid test. Hal ini sebagai upaya menemukan pasien yang sudah positif virus corona atau covid-19.

“Pemerintah juga sudah melakukan kegiatan screening massal dengan menggunakan metode rapid test itu tujuannya adalah untuk secepatnya menemukan aksus positif di masyarakat,” ujar Yuri melalui Youtube di akun BNPB Indonesia, Senin (23/3/2020).

Menurut Yuri, pemerintah pun kembali akan segera mendistribusikan 125 ribu alat rapid test seluruh Indonesia. Dia berkata Barang tersebut pun sudah bergerak sejak hari ini.

“Untuk saat ini ada 125.000 pemeriksaan cepat yang akan kita bagikan ke seluruh Indonesia, dan kita mulai bergerak di hari ini,” tutur Yuri.

Baca juga: Lindungi Siswa dari Covid-19, Kemendikbud-DPR Sepakat UN 2020 Dibatalkan

Yuri kembali menekankan bahwa hasil rapid test negatif tidak memberikan jaminan bahwa yang bersangkutan tidak sedang sakit. Dia pun meminta bagi pasien yang telah menjalani pengecekan melalui metode tersebut untuk tetap berdiam diri di rumah.

“Sudah barang tentu bahwa tidak setiap infeksi virus pada hari yang sama langsung muncul antibodi. Dibutuhkan waktu beberapa hari sejak infeksi itu terjadi agar antibodi muncul dan bisa terdeteksi. Oleh karena itu pada saat pemeriksaan memberikan hasil negatif, bisa pada sebenarnya antibodi belum terbentuk karena infeksi nya baru berlangsung kurang dari 7 hari,” beber Yuri.

Yuri menambahkan, langkah yang harus dilakukan berikutnya pemerintah adalah pemeriksaan ulang setelah hari ke-7 sampai dengan hari kesepuluh, untuk mereka akan kembali si ukur antibodinya.

“Manakala hasil pemeriksaan kedua ini masih tetap negatif, kita bisa menyimpulkan bahwa saat ini sedang tidak terinfeksi. Tetapi ingat, bahwa kita belum punya kekebalan untuk tidak terinfeksi,” tutur dia.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

Dinas Kesehatan Berikan Makanan Tambahan Serta Vitamin C kepada Petugas Posko Covid-19

Tanjungbalai Dalam mengantisipasi penyebaran covid19 didaerah Tanjungbalai, ada sebanyak 12 posko kesehatan yang didirikan oleh …