Thursday , April 2 2020
Beranda / Berita / Baca, Pahami Dulu Istilah-Istilah Covid-19 Ini Sebelum Terlambat
deras.co.id

Baca, Pahami Dulu Istilah-Istilah Covid-19 Ini Sebelum Terlambat

Arti ODP, PDP, Suspect, dan istilah corona lainnya tentu menjadi perhatian publik. Akibat pandemi virus corona baru Covid-19 mulai menginfeksi Indonesia. Angka pertambahan jumlah kasus terinfeksi corona mengalami peningkatan setiap harinya.

Merujuk pada data pemerintah pusat per 23 Maret 2020, total sudah ada 579 orang yang dinyatakan positif virus corona. Angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga terus mengalami peningkatan.

Sebelum membahas lebih lanjut, tahukah Anda arti ODP, PDP, suspect, hingga pasien positif dan negatif?

Simak penjelasan berikut mengenai istilah-istilah yang dipakai dalam penanganan virus corona.

1. Orang Dalam Pemantauan (ODP)

ODP artinya seseorang yang memiliki riwayat sempat bepergian ke negara yang telah terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan orang terinfeksi vius corona. Namun, ia belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi virus.

Meskipun tanpa menunjukkan gejala, orang dalam kategori ODP harus mendapatkan pemantauan dari instansi kesehatan setempat.

2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

PDP adalah pasien yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona. Gejala tersebut meliputi demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Pasien dengan kategori PDP perlu mendapatkan pengawasan dari tenaga medis. Sebab, mereka sudah masuk sebagai pasien yang perlu mendapatkan pengobatan.

3. Suspect

Suspect artinya pasien yang memiliki riwayat bepergian ke negara terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan pasien positif corona. Ia diduga kuat telah terinfeksi corona dan memiliki gejala terinfeksi virus itu.

Pasien dengan kategori suspect akan menjalani pemeriksaan dua metode, yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. Dari pemeriksaan tersebut akan diketahui apakah pasien dinyatakan positif corona atau negatif corona.

4. Pasien Positif

Pasien positif adalah pasien yang telah terbukti secara medis telah terinfeksi virus corona melalui proses pengujian laboratorium.

5. Pasien Negatif

Pasien negatif adalah pasien yang tidak terbukti terinfeksi SARS-CoV-2 melalui hasil pengujian laboratorium. Istilah ini juga bisa diberikan kepada pasien yang sebelumnya dinyatakan positif corona, namun sudah sembuh dan terbebas dari virus itu.

Sumber: suara.com

Baca Juga

deras.co.id

Kabar Gembira, Presiden Akan Gratiskan TDL Khusus 450VA dan Diskon 50 Persen Untuk 900VA

Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan sejumlah insentif bagi masyarakat kalangan bawah untuk mengurangi tekanan …