Tuesday , September 22 2020
Beranda / Edukasi / Tutorial Aplikasi Zoom untuk Meeting dan Mengajar Online

Tutorial Aplikasi Zoom untuk Meeting dan Mengajar Online

Akibat dari penyebaran virus COVID-19 (Corona Virus Disease), maka sejak Senin (16/3) yang lalu sistem bekerja dari rumah mulai diterapkan atau yang lebih dikenal dengan WFH (Work From Home). Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini sistem tersebut tidak lagi menjadi kendala karena sudah dapat diantisipasi dengan adanya aplikasi komputer dan telepon pintar. Salah satu aplikasi populer yang saat ini banyak digunakan adalah aplikasi Zoom.

Itu karena karyawan yang terpaksa bekerja dari rumah memanfaatkannya untuk sarana komunikasi lewat video. Zoom kerap digunakan untuk meeting, konferensi hingga mengajar dengan video dan audio. Hal tersebut memang memudahkan untuk melakukan koordinasi pekerjaan saat melakukannya dari jarak yang berjauhan. Kabar baiknya, aplikasi Zoom juga bisa digunakan di laptop atau PC dan Android atau iPhone. Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Berikut adalah tutorialnya.

Android atau iPhone

  1. Download aplikasi Zoom di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau Apple Apps Store untuk pengguna iPhone.
  2. Sign Up akun menggunakan email atau profil Facebook.
  3. Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  4. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang ke video conference. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  5. Jika kamu adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, kamu tidak perlu memiliki akun. Kamu cukup Copy dan Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  6. Jika link tersebut diklik, partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  7. Partisipan juga bisa Copy-Paste Meeting ID milik Host untuk bergabung ke conference, kemudian klik Join a Meeting

PC atau Laptop

  1. Masuk ke situs https://zoom.us/. Buat akun terlebih dahulu menggunakan akun email atau Facebook.
  2. Setelah registrasi, masuk ke laman utama dan klik My Profile. Di sana ada data Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  3. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang ke video conference. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  4. Partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom tidak perlu memiliki akun. Mereka cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  5. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  6. Klik Join a Meeting

Baca Juga

deras.co.id

Mengejutkan, Menteri Agama Fachrul Razi Positif Corona

Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19. Namun saat ini kondisi fisik …