Sunday , February 28 2021
Beranda / Berita / Sekjen MUI Sampaikan 6 Saran Ke Pemerintah Terkait Corona, Opsi ‘Lockdown Total’ Salah Satunya
deras.co.id
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas

Sekjen MUI Sampaikan 6 Saran Ke Pemerintah Terkait Corona, Opsi ‘Lockdown Total’ Salah Satunya

Jakarta, Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mengajak semua pihak untuk bersatu dan kompak dalam menangani wabah virus corona (Covid-19).

Menurut dia, persoalan pandemi corona berdampak terhadap kesehatan dan keselamatan jiwa, serta kehidupan sosial ekonomi rakyat.

“Untuk itu kita sangat mengharapkan agar para politisi, pimpinan partai dan pemerintah di negeri ini bisa menemukan kata sepakat agar kita sebagai bangsa dapat menghentikan dan memutus mata rantai penularan virus ini secepatnya dan dengan sebaik-baiknya,” ujar Anwar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Ia pun menyampaikan sejumlah saran untuk pemerintah, DPR, hingga seluruh elemen bangsa lainnya guna menghadapi pandemi Covid-19.

“Pertama, melakukan total lockdown di seluruh negeri, dan atau local lockdown untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan pertimbangan dari para ahli,” jelasnya.

Sedangkan, saran kedua dengan melakukan realokasi terhadap seluruh dan atau sebagian anggaran infrastruktur yang ada saat ini guna dipergunakan bagi kepentingan memutus mata rantai penyebaran virus corona,” kata Anwar.

Baca juga: 7 Kebijakan Ekonomi Ini Sangat Membantu Disaat Terjadi Pandemi

Saran ketiga yakni menunda penggunaan rencana anggaran pemindahan ibu kota tahun 2020 baik seluruhnya, atau sebagian guna dipergunakan untuk menolong ekonomi rakyat dan memulihkan perekonomian nasional.

Infografis COVID-19

Keempat, mengalihkan seluruh dan atau sebagian anggaran yang diperuntukkan bagi desa dan kelurahan bagi menolong rakyat setempat selama masa lockdown,” imbuhnya.

Sementara saran kelima, Anwar menilai, pemerintah bisa memanggil para pengusaha besar dan mewajibkan mereka untuk memberikan bantuan bagi penanganan kasus corona dan mengatasi persoalan ekonomi yang dialami oleh masyarakat lapis bawah.

Keenam menindak dengan tegas siapa saja yang tidak mematuhi anjuran dan ketentuan dari pemerintah tentang lockdown ini,” kata Anwar menandaskan.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

deras.co.id

Penjelasan Hadits Iringilah Perbuatan Dosa Dengan Amal Sholih

Rasulullah SAW pernah bersabda, اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس …