Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Hindari Wabah Corona dengan Rajin Membaca Do’a Ini
deras.co.id

Hindari Wabah Corona dengan Rajin Membaca Do’a Ini

Untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, masyarakat telah dianjurkan untuk berdiam di rumah. Namun, terkadang masyarakat terpaksa harus keluar rumah untuk membeli kebutuhan rumah tangga dan atau untuk urusan yang sangat penting lainnya.

Saat keluar rumah, masyarakat juga dianjurkan menggunakan masker dan selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer. Namun, di samping itu hendaknya masyarakat juga membaca doa-doa yang telah dianjurkan Rasulullah.

Dalam buku berjudul “Fiqih Menghadapi Wabah Penyakit“, Isnan Ansory menjelaskan beberapa doa singkat yang bisa menghindarkan masyarakat dari wabah penyakit seperti Covid-19. Diantaranya, yaitu doa dalam hadits yang diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmizi.

Dari Utsman bin Affan, ia berkata: “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa mengucapkan BISMILLAHILLADZI LAA YADHURRU MA’ASMIHI SYAI`UN FIL ARDLI WA LAA FIS SAMAA`I WA HUWAS SAMII’UL ‘ALIIMU (dengan nama Allah yang tidak ada sesuatu pun di bumi dan di langit yang bisa memberikan bahaya. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan tertimpa musibah yang datang dengan tiba-tiba hingga pagi hari. Dan barangsiapa membacanya pada pagi hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan tertimpa bencana yang datang dengan tiba-tiba hingga sore hari.” (HR Abu Dawud dan Tirmizi)

Selain itu, Isnan Ansory juga menyarankan kepada masyarakat untuk membaca doa perlindungan saat keluar rumah yang terdapat dalam hadis nabi berikut:

Dari Anas bin Malik, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya mengucapkan; BISMILLAAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH (dengan nama Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan dengan pertolongan Allah) maka dikatakan baginya, engkau telah mendapatkan kecukupan, telah mendapat pertolongan dan syetan menjauh darimu,” (HR. Abu Dauwd, Nasa’i, Tirmizi dan lainnya).

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …