Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Usul Rektor IPB: Pemerintah Bisa Gratiskan Internet Untuk Kuliah Daring Mahasiswa
deras.co.id

Usul Rektor IPB: Pemerintah Bisa Gratiskan Internet Untuk Kuliah Daring Mahasiswa

Pemerintah didorong untuk memberikan kuota internet gratis untuk pembelajaran daring perlu di perguruan tinggi. Kemampuan finansial masing-masing perguruan tinggi di Indonesia berbeda sehingga menimbulkan hambatan dalam pembelajaran online.

Rektor Institut Pendidikan Bogor (IPB) University, Arif Satria mengusulkan kepada pemerintah untuk memfokuskan pembiayaan dari negara kepada bidang kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Pemerintah diharapkan bisa memprioritaskan dana pendidikan jangka pendek untuk program pembelajaran online.

“Pemerintah melalui BUMN bisa menggratiskan akses internet untuk mahasiwa untuk keperluan kuliah daring,” kata Arif dalam telekonferensi, Kamis (16/4).

Arif mendukung skema kerjasama antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan provider telekomunikasi agar dapat menyediakan akses internet gratis saat mengakses aplikasi pembelajaran.

Kendalanya Kuota Internet Menurutnya, akses internet gratis di bidang pendidikan adalah sebuah investasi terbaik demi memastikan kualitas pembelajaran di masa pandemi corona.

“Mungkin harus ada revisi anggaran pendidikan agar mahasiswa diberikan akses internet gratis atau pulsa untuk membeli paket data,” tambahnya.

Arif mengambil studi kasus di IPB University yang memberikan bantuan dana untuk pembelian kuota internet selama tiga bulan sebesar Rp150.000 per bulan. Bantuan tersebut diberikan kepada 25.000 mahasiswa IPB University.

“Jumlah itu sudah kami hitung dengan mata kuliah yang diakses secara daring. Saya kira itu cukup,” tambahnya.
Persoalan kuota internet menjadi salah satu hambatan pembelajaran online. Mahasiswa merasa kesulitan dengan biaya yang dikeluarkan selama pembelajaran online.

Sumber: kompas.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …