Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / UG Sukses Ciptakan RoboVent, Robot Pernapasan Khusus Pasien Covid-19
deras.co.id
Universitas Gunadarma ciptakan Robot ventilator untuk pasien Covid-19. (Foto : Ist)

UG Sukses Ciptakan RoboVent, Robot Pernapasan Khusus Pasien Covid-19

Depok, Universitas Gunadarma membuat terobosan di dunia kesehatan dengan memproduksi robot ventilator. Nantinya robot ini bisa membantu tenaga medis menyelamatkan pasien yang mengalami gangguan sistem pernapasan akibat virus corona (Covid-19).

Sejumlah mahasiswa dari berbagai fakultas, seperti Teknologi Industri, Kedokteran, dan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi dibantu SARI Teknologi serta Inti Teknologi terlibat secara langsung dalam penemuan ide robot ventilator dan mengembangkan riset bersama-sama.

“Pengembangan alat bantu pernapasan berupa robot ventilator ini sangat dibutuhkan pasien yang mengalami kesulitan atau gagal napas seperti yang diakibatkan Covid-19,” kata Yohanes Kurnia selaku pengajar Robotika Gunadarma di Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma, Rabu (22/4/2020).

Pengembangan purwarupa alat bantu pernapasan ini, ia melanjutkan, dapat mengatur secara otomatis, terutama dalam menghasilkan udara atau oksigen berdasarkan ritme atau frekuensi pernapasan (respiratory rate), dan tingkat kebutuhan volume oksigen (tidal volume). Sehingga suplai oksigen ke sistem pernapasan manusia sesuai jumlah yang dibutuhkan ketika menghirup atau mengembuskan udara.

“Tujuannya, untuk melihat tekanan maupun volume oksigen yang dihasilkan, serta detak jantung yang dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pasien untuk meminimalkan risiko dalam penggunaan peralatan bantu pernapasan ini,” tuturnya.

Menurut Yohanes, robot ventilator karya anak bangsa ini dapat membantu program pemerintah dalam mengatasi pasien Covid-19 yang semakin hari semakin bertambah di Indonesia.

Universitas Gunadarma ciptakan robot ventilator untuk pasien Covid-19. (Ist)

“Artinya, kita mencoba membantu program pemerintah dalam dunia kesehatan, dalam hal ini membuat beberapa riset pengembangan, khususnya membantu beberapa saudara-saudara kita yang mungkin sedang membutuhkan perangkat-perangkat, seperti misalnya alat bantu pernapasan,” ujarnya.

Selain ventilator, tim ini mengembangkan perangkat Powered Air Purifying Respirator (PAPR) sebagai pelengkap alat pelindung diri (APD), alat ini dibuat dengan cara memodifikasi dari perangkat masker selam yang dilengkapi saluran inspirasi dan ekspirasi dengan sensor pendeteksi tekanan.

Diketahui inspirasi dan eksipirasi bertujuan memberikan pernapasan yang disesuaikan dengan ritme pernapasan pemakainya dengan aman dari virus dan bakteri.

“Alat ini sangat diperlukan para tenaga medis di rumah sakit-rumah sakit di Indonesia dengan kelengkapan alat mini komunikasi serta minum tanpa membuka master tersebut. Sekitar 80% komponen dalam purwarupa peralatan ini menggunakan sebagian besar merupakan peralatan produksi dalam negeri (PPDN),” ucap Yohanes.

Dia mengaku purwarupa ini terus dikembangkan dan dalam waktu dekat akan diajukan untuk mendapatkan sertifikat standar fasilitas alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan).

Sementara di tempat yang sama, Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Adang Suhendra yang juga terlibat dalam pembuatan robot ventilator dan alat PAPR mengutarakan pengembangan alat kesehatan ini mendapat dukungan penuh dari pimpinan kampus.

“Robot yang diluncurkannya sudah prototipe ke 6 dalam satu minggu ini akan membuat prototype ke 7 sesuai rekomendasi dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK),” kata Adang.

Universitas Gunadarma ciptakan robot ventilator untuk pasien Covid-19. (Ist)

Produk yang dihasilkan ini menjadi karya anak bangsa Indonesia, yang diharapkan ke depan bisa berkontribusi membantu menyediakan alat kesehatan, yang sekaligus menunjukkan sinergitas antara pihak akademisi dan industri.

“Mereka berhasil menyelesaikan disain sistem knockdown dan lowcost ventilator dengan material yang hampir semuanya dari dalam negeri agar bisa cepat up diproduksi dengan cepat, singkat, dan semurah mungkin,” tuturnya.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …