Wednesday , January 11 2023
Beranda / Berita / Suasana Berpuasa Ummat Muslim Dunia Ditengah Wabah Corona
deras.co.id
Ramadhan tahun ini jelas akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya sebab pandemi virus corona.(Foto: iStockphoto/sguler)

Suasana Berpuasa Ummat Muslim Dunia Ditengah Wabah Corona

Jutaan umat Muslim di seluruh dunia menemukan berbagai cara untuk menjalani bulan Ramadhan tahun ini, ketika karantina wilayah dan pembatasan sosial yang diberlakukan guna menghambat penyebaran virus corona membuat masjid-masjid ditutup dan perkumpulan massa dilarang.

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Saatnya bagi jutaan umat Muslim di seluruh dunia berbuka puasa dengan handai taulan serta menunaikan salat tarawih dengan para tetangga.

Akan tetapi, Ramadhan tahun ini berbeda. Akibat penyebaran virus corona, salat berjemaah di masjid dilarang sehingga jutaan umat Muslim dari New York sampai Jakarta harus beribadah di rumah masing-masing.

Masjid Al Aqsa, Jerusalem, tidak menggelar shalat berjama’ah sejak pertengahan Maret lalu dan kebijakan itu akan terus diberlakukan selama Ramadhan.

Bahkan tempat tersuci bagi umat Muslim di Mekah, Arab Saudi, tak luput dari pandemi virus corona.

Masjidil Haram selama bulan Ramadhan tahun ini akan menggelar salat lima waktu dan tarawih selama Ramadhan tanpa jemaah umum sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus corona serta meningkatkan operasi penyemprotan disinfektan. Adapun iktikaf atau berdiam diri di dalam masjid untuk beribadah tidak diperbolehkan.

mekah
Masjidil Haram di Mekah biasanya penuh jemaah selama Ramadhan, namun tahun ini tempat tersebut amat sepi.(Foto:AFP)

 

New York
Di New York, seorang imam tiba di masjid yang sepi jama’ah untuk menunaikan ibadah shalat.(Foto:Reuters)

 

Lahore, Pakistan
Di Lahore, Pakistan, orang-orang yang ingin membeli makanan untuk berbuka puasa harus menjaga jarak.(Foto:AFP)

 

Jama Masjid in Delhi
Seorang pria berbuka puasa di luar Masjid Jama, Kota Delhi, India, yang ditutup selama pemberlakuan karantina wilayah.(Foto:Reuters)

 

jerusalem
Seorang perempuan shalat di salah satu lorong Kota Tua Jerusalem, pada Jumat (24/04).(Foto:Reuters)

 

indonesia
Di Jakarta, Indonesia, siraman rohani saat Ramadan dilakukan dengan bantuan internet mengingat pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia mengimbau jemaah untuk tidak berkumpul di masjid.(Foto:Reuters)

 

Niamey
Suasana Kota Niamey, Niger, kembali tenang setelah sejumlah warga menggelar protes menentang pembatasan sosial, termasuk shalat berjama’ah.(Foto:AFP)

 

mesir
Sebuah rumah di Kota Toukh, Mesir, dihias dengan dekorasi khas Ramadan saat pembatasan sosial masih diterapkan.(Foto:Reuters)

Sumber: bbc.com/indonesia/

Baca Juga

Junta Myanmar Memenjarakan Pengungsi Rohingya Serta Anak di Bawah Umur

DERAS.CO.ID – Lebih dari 110 pengungsi Rohingya dijebloskan ke dalam bui oleh pengadilan sokongan junta …