Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Alamak, Daftar 10 Pekerjaan Ini Bergaji Tertinggi Di RI, Ada yang 300 Juta
deras.co.id

Alamak, Daftar 10 Pekerjaan Ini Bergaji Tertinggi Di RI, Ada yang 300 Juta

Baru-baru ini tengah trending kisah seorang pekerja yang memiliki gaji Rp80 juta sebulan kena PHK akibat terjadinya wabah virus corona COVID-19.

Lini massa twitter banyak memperbincangkan karyawan swasta dengan gaji fantastis Rp80 juta yang jatuh miskin karena diberhentikan perusahaannnya.

Akun twitter @_pasiholan mencuitkan pengalaman tersebut dialami oleh seorang temannya. Ia menyebutkan temannya yang seorang karyawan swasta dengan gaji Rp80 juta-an per bulan harus menerima kenyataan pahit dirumahkan oleh perusahaannya.

Akibatnya, rumah tangga karyawan tersebut berantakan lantaran kehidupan keluarganya selama ini tergolong tinggi. Mulai dari kredit mobil mewah, beli rumah di Kota Wisata hingga Rp3 M Sementara tabungan tipis. Sekarang mereka bingung.

Di Indonesia yang memiliki penduduk mencapai 250 juta jiwa merupakan pangsa pasar yang besar yang mengahsilkan banyak uang.

Menurut situs kellyservices.co.id, inilah daftar 10 pekerjaan yang banyak diminati beserta besaran gajinya.

1. Minyak dan gas

Gaji di atas rata-rata dengan beragam fasilitas menunjang menjadi daya tarik tersendiri untuk bekerja di perusahaan minyak dan gas. Banyak lowongan kerja dengan daya saing ketat yang disediakan antara lain seperti ahli geologi, petroleum engineer, engineering technologist, dan lain-lain.

Sebagai fresh graduate, kamu sudah bisa menerima gaji antara Rp4,5 juta hingga 10 juta. Petroleum engineer dengan penghasilan sebesar Rp35 juta hingga Rp70 juta.

2. Pertambangan

Pertambangan juga sangat diminati di Indonesia, terutama bisa bergabung dengan PT Freeport Indonesia. Sayangnya, kamu harus kuat dan betah kerja jauh dari rumah. Hal ini akan sebanding dengan gaji yang kamu dapatkan.

Sebagai seorang lulusan baru fakultas teknik, kamu bisa merasakan gaji Rp10 juta hingga Rp40 juta. Kisaran gaji tertinggi dipegang oleh chief operating officer dengan penghasilan sebesar Rp150 juta hingga Rp300 juta.

3. Fast moving consumer goods (FMCG)

FMCG merupakan salah satu bidang industri yang cukup pesat di Indonesia. FMCG didefinisikan sebagai produk-produk yang dapat dijual dengan cepat pada tingkat harga yang rendah.

Kamu bisa memulai bekerja di bidang ini sebagai petugas kontrol dokumen, admin penagihan, dan encoder dengan gaji sekitar Rp3-4 juta. Lalu, kamu juga bisa mendapatkan gaji sebesar Rp50 juta hingga Rp80 juga sebagai manajer pemasaran.

4. Konstruksi dan properti

Kamu yang menjadi lulusan teknik sipil dan arsitektur biasanya bermimpi bisa bekerja di bidang konstruksi atau properti. Banyak perusahaan BUMN yang menjanjikan gaji besar dan fasilitas menarik.

Sebagai lulusan awal, biasanya kamu akan mendapatkan pelatihan atau biasa dikenal On the Job Training (OJT). Selama masa pelatihan, kamu akan mendapatkan gaji sekitar Rp4-6 juta. Jenjang karier berikutnya, kamu bisa meraih posisi project manager dengan gaji Rp30 juta hingga Rp70 juta.

5. Teknologi informasi dan komunikasi

Seiring berkembangnya teknologi, bidang satu ini semakin tumbuh secara pesat. Dalam dunia kerja, kamu bisa memilih ingin fokus di perangkat lunak, perangkat keras, sistem informasi, dan IT business development.

Sebagai software engineering, kamu bisa mendapatkan gaji berkisar antara Rp3,5 juta hingga Rp15 juta, tergantung pengalaman kerja. Selanjutnya, kamu bisa menjadi IT project lead dengan gaji Rp15 juta sampai Rp35 juta. Bisa juga sebagai country manager ​dengan gaji Rp125 juta hingga Rp250 juta.

6. Konsultan keuangan

Salah satu pekerjaan yang banyak diincar orang dalam bidang ini adalah posisi internal audit. Kamu bisa memulainya dengan menjadi konsultan audit yang salah satu tugasnya memeriksa bukti-bukti transaksi yang ada.

Gaji yang kamu dapatkan sebagai fresh graduate S1 atau pengalaman 1-3 tahun sebesar Rp5 juta hingga Rp15 juta. Sukses meniti karier, kamu bisa menjadi seorang direktur dengan penghasilan sekitar Rp80 juta hingga Rp160 juta.

7. Bidang perpajakan

Gak beda jauh dengan konsultan keuangan, di bidang perpajakan, kamu bisa memulainya dengan menjadi payroll clerk. Kamu akan bertugas membuat laporan bulanan gaji karyawan, kontrol absensi karyawan seluruh departemen, dan lain-lain.

Lulusan S1 atau pengalaman 1-2 tahun akan mendapatkan gaji mulai dari Rp3,5 juta sampai Rp4,5 juta. Kamu bisa naik jabatan hingga direktur dengan penghasilan Rp80 juta hingga Rp130 juta.

8. Departemen sumber daya manusia

Sebagai langkah awal bekerja dalam bidang ini, kamu harus bisa melewati tahap human resources officer (HRO). Secara struktural, HRO merupakan posisi tingkat staf yang dipersiapkan untuk mendukung pelaksanaan fungsi HRD secara umum.

Kamu yang mempunyai kualifikasi minimal pendidikan S1 dengan pengalaman 3-6 tahun, akan mendapatkan gaji sekitar Rp8 juta hingga Rp20 juta. Setelah mendapatkan pengalaman di atas 10 tahun, kamu bisa menjadi direktur sumber daya manusia dengan penghasilan sekitar Rp135 juta hingga Rp250 juta.

9. Staf perbankan

Di antara banyak kesempatan kerja, hingga saat ini lowongan kerja di bank selalu terbuka untuk semua sarjana. Kamu bisa memilih posisi awal sebagai teller bank, petugas operasional, dan petugas keuangan. Biasanya, besaran gaji di tahap awal sama dengan UMR masing-masing daerah hingga Rp5 juta.

Ke depannya, kamu bisa meniti karier sebagai pengontrol keuangan degan gaji sekitar Rp70-110 juta. Kamu juga bisa menjadi direktur keuangan dengan gaji Rp120-250 juta.

10. E-Commerce

Di era serba digital ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara online. Pekerjaan ini sangat diminati, terutama untuk kaum millenials. Kamu bisa menjadi seorang social media specialist atau digital data analyst.

Sebagai permulaan, kamu bisa mendapatkan gaji berkisar Rp3,5 juta sampai Rp10 juta. Setelah sukses menguasainya, kamu bisa menjadi content manager dengan penghasilan sebesar Rp20-40 juta.

Sumber: idntimes.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …