Beranda / Berita / Polisi Jelaskan Tak Ada Korelasi Antara PHK dengan Peningkatan Kejahatan
deras.co.id

Polisi Jelaskan Tak Ada Korelasi Antara PHK dengan Peningkatan Kejahatan

Tingkat kejahatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya meningkat, meski awalnya sempat turun pada Maret hingga April 2020.

Namun, ditegaskan, meningkatnya angka kriminalitas tersebut tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan pemutusan hubungan kerja (PHK), yang terjadi pada beberapa karyawan di beberapa perusahaan saat ini buntut wabah virus Corona atau Covid-19.

“Kalau kami melihat dari mereka enggak kok (dampak PHK),” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 15 Mei 2020.

Kebanyakan para pelaku kejahatan adalah residivis. Bukannya tobat pascabebas, mereka malah kembali melakukan kejahatan. Maka dari itu, dipastikan tak ada kaitannya sama sekali dengan PHK.

“Mereka kan banyak residivis, mereka keluar penjara di kasus yang sama. Jadi dia mau ada PSBB atau enggak ada PSBB dia maling itu juga sih,” ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, jenis kriminalitas yang paling banyak terjadi selama wabah virus Corona atau Covid-19 adalah penyebaran berita bohong atau hoax serta perampokan atau pencurian dengan pemberatan.

Sepanjang April 2020, pihaknya mengungkap 18 kasus penyebaran hoax dari 48 kasus yang diselidiki. Tak bisa dipungkiri ada peningkatan angka kriminalitas meski awalnya sempat turun.

“Ada beberapa jenis kejahatan yang meningkat saat ini di minggu ke-13, 14, 15, dan 16 dibanding minggu ke-13, 14, 15, dan 16 tahun 2019 lalu. Contoh yang meningkat dalam masa Covid-19 adalah pertama penyebaran berita bohong atau hoax,” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Rabu 22 April 2020.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 1443 H Jatuh Pada Sabtu 9 Juli 2022, Sama Dengan Arab Saudi, Sementara Pemerintah Indonesia 10 Juli

DERAS.CO.ID – Riyadh, Arab Saudi menetapkan Idul Adha Dzulhijjah 1443 H jatuh pada hari Sabtu 9 …