Beranda / Berita / Presiden Akui Penyaluran Bansos Ke Daerah Lambat
deras.co.id
Presiden Jokowi menyiapkan bansos khusus bagi warga Jabodetabek yang tidak mudik ke kampung halaman di tengah penyebaran virus corona. (Dok. Biro Sekretariat Presiden/Kris).

Presiden Akui Penyaluran Bansos Ke Daerah Lambat

Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masih banyak kendala dalam upaya mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak Covid-19. Salah satu kendala yang disebutkan Jokowi adalah prosedur yang berbelit-belit.

“Kecepatan yang kita inginkan agar bansos segera sampai di masyarakat, ternyata memang di lapangan banyak kendala. Problemnya masalah prosedur yang berbelit-belit,” kata Jokowi dalam Rapat Terbatas “Penyederhanaan Prosedur Bansos Tunai dan BLT Dana Desa” via video conferensi di Istana Merdeka, Selasa (19/5/2020).

Menurut Jokowi, pada situasi yang tidak normal seperti saat ini, kecepatan penyaluran bantuan sangat penting. Untuk itu, Kepala Negara meminta agar aturan dibuat sesederhana mungkin, tanpa mengurasi akuntabilitas.

“Sehingga di lapangan bisa fleksibel, yang penting bagaimana mempermudah perlaksanaan itu di lapangan, keterbukaan sangat diperlukan, sistem pencegahan minta didampingi KPK, BPKP atau Kejaksaan, kita miliki lembaga untuk mengawasi atau kontrol untuk tidak terjadi korupsi di lapangan,” ujar Jokowi.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

Pohon Tumbang Timpa 2 Unit Mobil di Medan

MEDAN-Hujan diserta angin kencang yang melanda Medan, Jumat (5/6/2020) sore, menyebabkan pohon Mahoni besar di …