Beranda / Featured / Azis Syamsuddin: Pulangkan TKI dari Malaysia, Wali Kota Tanjungbalai Dapat Menjadi Pedoman Pemerintah Daerah Lain

Azis Syamsuddin: Pulangkan TKI dari Malaysia, Wali Kota Tanjungbalai Dapat Menjadi Pedoman Pemerintah Daerah Lain

Wakil Ketua DPR-RI Bidang Politik dan Keamanan, Azis Syamsuddin, apresiasi langkah Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, yang telah fasilitasi pemulangan pekerja migran (TKI) warga Tanjungbalai dari Malaysia.

“Menaruh apresiasi kepada Walikota Tanjungbalai yang telah memfasilitasi pemulangan TKI,” ujar Azis via seluler, Jumat (22/5/2020) malam.

Ketika disinggung keterkaitan isu perbatasan negara dan kepedulian terhadap pekerja migran yang terkena dampak Covid-19, Azis menegaskan keberhasilan ini bisa menjadi pedoman (yurisprudensi) Pemerintah Daerah lain ke depan.

“Keberhasilan beliau (Syahrial-red) bisa dijadikan yurisprudensi (Pemerintah Daerah lain) dalam waktu-waktu ke depan,” tegas Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini.

Ditanyakan tentang kemungkinan pemberian penghargaan Kepala Daerah yang dianggap berprestasi mencegah dan menangani dampak pandemi Covid-19, Aziz menjawab hal itu kewenangan Pemerintah (Eksekutif).

“Itu kewenangan pemerintah,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai fasilitasi pemulangan 440 orang pekerja migran (TKI) warga Tanjungbalai dari Malaysia.

Pemulangan ini menyahuti keinginan para pekerja migran karena nasib mereka makin tak menentu akibat kebijakan lockdown pandemi Covid-19 Pemerintah Kerajaan Malaysia.

Setelah melalui lobi panjang dan pengurusan administrasi yang melibatkan Pemprov Sumut, Kemenhub, Kemenhan, Kemendagri, Kemenlu, KBRI Malaysia, KSOP Tanjungbalai-Asahan dan pihak Kerajaan Malaysia, akhirnya 301 orang pekerja migran (TKI) berhasil dipulangkan ke tanah air.

Pemulangan 301 orang pekerja migran (TKI), dilakukan dua tahap. Tahap pertama, Senin (18/5), 146 orang berhasil dipulangkan, sedangkan tahap kedua, Kamis (21/5), 155 orang lagi berhasil dipulangkan.

Sisanya, 139 orang pekerja migran akan dijemput setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 H karena pihak Malaysia telah libur Nasional sejak Jumat (22/5/2020).

 

Sumber: TataBerita

Baca Juga

Helikopter Jatuh Dalam Misi Latihan Terbang, 4 Anggota TNI Meninggal Dunia

Terdapat 4 orang prajurit meninggal dalam peristiwa Helikopter MI-17 milik TNI AD jatuh di Kendal, …