Wednesday , July 15 2020
Beranda / Featured / 180 Juta Dana Bumdes Sei Nangka Tidak Dikembalikan Peminjam

180 Juta Dana Bumdes Sei Nangka Tidak Dikembalikan Peminjam

BUMDes ( adan Usahan Milik Desa) merupakan usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai kebutuhan dan potensi desa, dan pembentukan BUMDes ditetapkan dengan peraturan desa (PerDes).

Sejak tahun 2015 desa Sei Nangka Kecamatan Sei Kepayang Barat Kabupaten Asahan mendapatkan kucuran peryertaan modal desa kepada BUMDes.

Kucuran dana tersebut yang bersumber dari Dana Desa bervariasi seperti ditahun 2017 BUMDes Sei Nangka menerima Seratus Juta Sembilan Ratus Enam Puluh Dua Ribu Rupiah (Rp. 100.962.000).

Saat dihubungi melalui telepon seluler Yusniar Sarip ketua BUMDes Sei Nangka pada hari Selasa (2/6/2020), mengaku sebanyak 180 juta Dana BUMDES belum dikembalikan masyarakat dalam unit kerja Simpan Pinjam, sebelumnya ketua bernama hafis dan setelah ketua BUMDes mengundurkan diri sejak 2017 saya sebagai ketua BUMDes.
“kita buat simpan pinjam, tapi masyarakat tidak mengembalikan, ada yang pinjam 3 juta ada yang 5 juta, yang meminjam itu masyarakat, mantan ketua BPD dan LPM didesa sei nangka”

Menurut Martin Luis warga desa Sei Nangka “Pemerintah Desa melalui BUMDes harus melakukan publikasi secara berkala terkait keuntungan yang di peroleh dari unit usaha yang dijalankan. Pemerintah desa juga harus memberikan manfaat dari keuntungan BUMDes kepada masyarakat, apalagi ditengah pandemi Covid 19.”

“BUMDes merugi tapi terus diberi modal sama desa setiap tahunnya, seharusnya BUMDes itu membantu desa untuk membantu warga ditengah pandemi covid19 ini”

“walaupun pada prinsipnya, BUMDes bukan untuk mengejar keuntungan dan bukan menjadi pesaing bagi usaha masyarakat. Keterbukaan dan transparansi itu sangat perlu. Agar masyarakat benar-benar merasakan manfaat dari BUMDes.” imbuh Martin Luis

Baca Juga

deras.co.id

Menunggu Imam Mahdi Sang Khalifah Akhir Zaman, Siapakah Ia?

Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi Wassalam memandu manusia dari segala aspek, mulai dari aqidah, fiqih, dan …