Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Rutan Kabanjahe Sediakan Ruang Isolasi Bagi Warga Binaan Yang Baru Masuk, Cegah Penyebaran Covid -19
Rutan kabanjahe

Rutan Kabanjahe Sediakan Ruang Isolasi Bagi Warga Binaan Yang Baru Masuk, Cegah Penyebaran Covid -19

Dalam masa pandemi penyebaran virus corona (Covid-19) seperti saat ini, seluruh lapisan masyarakat dan instansi dituntut untuk melakukan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan.

Satu diantaranya adalah melakukan proses karantina bagi orang-orang yang baru masuk ke suatu lingkungan.

Tindakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang bisa saja terbawa oleh orang yang baru masuk tersebut.

Seperti diketahui hingga saat ini wabah ini belum dapat dideteksi secara pasti.

Untuk itu, penanganannya harus dilakukan secara maksimal.

Salah satu lokasi yang menjadi tempat berkerumunnya orang banyak adalah Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Untuk itu, sebagai langkah awal pencegahan pihak Rutan Kelas II B Kabanjahe, menyediakan fasilitas berupa ruang isolasi.

“Sesuai dengan arahan dari Kementerian, bagi seluruh warga binaan yang baru masuk, harus kita lakukan isolasi terlebih dahulu. Untuk itu, kita menyiapkan ruangan isolasi yang nantinya jika ada warga binaan yang baru, akan langsung kita tempatkan di sana terlebih dahulu,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan (Karutan) Kelas II B Kabanjahe Enjat Lukmanul Hakim, saat ditemui di Rutan Kelas II B Kabanjahe, Jalan Bhayangkara, Kabanjahe, Rabu (10/6/2020).

Enjat menjelaskan, di masa pandemi ini memang pihaknya menyadari jika seluruh kegiatan harus sesuai dengan protokol kesehatan.

Untuk itu, sebelum warga binaan baru berbaur dengan yang lain, pihaknya terlebih dahulu melakukan pencegahan dengan menerapkan sekat terlebih dahulu.

“Iya memang di masa pandemi ini, kita harus menyesuaikan dengan standar kesehatan. Makanya jika nantinya ada warga binaan yang baru, akan kita sekat dulu,” ucapnya.

Pantauan www.tri bun-medan.com, memang ruangan yang dijadikan tempat isolasi ini terletak terpisah dengan ruang tahanan yang lainnya.

Ruangan yang terletak di sebelah ruang Karutan ini terlihat terdiri dari tiga ruangan, dan satu fasilitas untuk mandi.

Pria berbaju putih itu mengatakan, memang sebelumnya ruangan tersebut memang sudah ada yang dijadikan untuk ruangan bagi warga binaan yang melakukan pelanggaran. Namun, semenjak kerusuhan beberapa waktu lalu ruangan tersebut sempat terbengkalai.

“Sebelumnya ruang tersebut kita gunakan untuk tempat warga binaan yang melakukan pelanggaran ketertiban, dan untuk yang sakit. Memang kemarin sempat terbengkalai, tapi sudah kita perbaikan dan kita maksimalkan sebagai ruang isolasi,” pungkasnya.

Sumber: Tribun-Medan.com

 

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …