Thursday , December 9 2021
Beranda / Featured / Pedagang Pasar Positif Corona, Apakah Perlu Disinfeksi Belanjaan?
Pedagang Pasar

Pedagang Pasar Positif Corona, Apakah Perlu Disinfeksi Belanjaan?

Puluhan pedagang pasar tradisional diketahui positif terinfeksi virus Corona. Tidak hanya pedagang di Jakarta, berdasarkan data yang dihimpun oleh Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) pada Rabu (3/6) lalu sedikitnya 382 pedagang di 64 pasar berbagai daerah tercatat positif COVID-19.

Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Tapi perlukah mendisinfeksi barang belanjaan sepulang dari pasar?

“Belanjaan masih aman karena (penularan) virusnya bukan dari situ. Justru terjadinya penularan pas kontak degan penjual atau dari pembeli,” tutur pakar kesehatan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB saat diwawancarai detikcom, Jumat (12/6/2020).

disarankan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah mengeluarkan bahan-bahan makanan yang dibeli dari pasar. Namun tak perlu mencuci bahan makanan dengan sabun atau mendisinfeksinya cukup dengan air mengalir.

“Kalau mau dibersihkan oke lah melakukan kebersihan dengan tata laksana umum saja. Cuman pada saat dia di pasar tangannya pegang ke mana saja, itu yang jadi masalah,” tambahnya.

Penularan ke pembeli disebutkan oleh dr Ari bisa terjadi saat mereka memegang sesuatu yang terkontaminasi virus kemudian menyentuh hidung atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Untuk itu biasakan diri selalu menghindari menyentuh wajah dengan tangan kosong, tidak menggosok mata, hidung, atau mulut, selalu gunakan masker, dan cuci tangan dengan sabun di air mengalir atau jika memungkinkan segera mandi sepulang dari pasar tradisional.

 

Sumber: detik.com

Baca Juga

Bahasa Inggris Dalam Netiquette Pada Era Digital Bagi Guru SMK Swasta PAB 5 Klambir Lima

DERAS.CO.ID – Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi salah satu tugas bagi seorang dosen merupakan …