Beranda / Berita / Kepala Bappenas: Dampak Corona ‘Lenyapkan’ Daya Beli Masyarakat Rp362T
deras.co.id
Ekonomi RI terus berusaha mati-matian untuk bertahan dari pandemi virus corona

Kepala Bappenas: Dampak Corona ‘Lenyapkan’ Daya Beli Masyarakat Rp362T

Jakarta, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) membeberkan besarnya dampak virus corona terhadap ekonomi Indonesia. Selain jam kerja yang hilang, ternyata daya beli masyarakat turun hingga Rp362 triliun.

Kepala Bappenas Suharno Monoarfa mengatakan, ekonomi kita mengalami kontraksi yang luar biasa sejak adanya virus corona. Bappenas pun hitung dari beberapa sektor yang selama ini memberi kontribusi besar pada PDB, seperti industri manufaktur, industri pariwisata dan investasi.

“Saya sampaikan akibat pandemi ini pada 30 Maret sampai 6 Juni atau 10 minggu itu hilangnya jam kerja luar biasa. Hilangnya jam kerja ini menghilangkan daya beli Rp362 triliun. Ini yang jelaskan kenapa tidak ada pembeli UMKM sehingga penghasilan turun dratis luar biasa,” tuturnya dalam rapat langsung dengan Komis XI DPR, Senin (22/6/2020).

Selain itu, dampak luar biasa juga terhadap industri manufaktur. Di mana utilisasi industri tinggal 30% selama pandemi virus corona.

“Utilisasi manufaktur ada yang hanya tinggal 30% dalam waktu 10 minggu,” tuturnya.

Itu sebabnya pemerintah memberikan stimulus supaya daya beli masyarakat tetap terjaga dan penurunan dari kontraksi ekonomi pada triwulan II-2020 bisa dijaga. Dengan demikian ini jadi pekerjaan rumah (PR) kita dalam rangka pemulihan 2021.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

deras.co.id

Masjid Hagia Sophia Jadi Cahaya Terang, UNESCO dan Negara-negara Dunia Berang

Diresmikannya Hagia Sophia menjadi masjid oleh Pemerintah Turki membuat sejumlah pihak meradang. Setelah sejumlah negara …