Thursday , March 28 2024
Beranda / Berita / Jack Ma Berhasil ‘Dilewati’ Anak Muda Jenius Ini
deras.co.id
Colin Huang 'kalahkan' Jack Ma

Jack Ma Berhasil ‘Dilewati’ Anak Muda Jenius Ini

Colin Huang, pria berusia 40 tahun kini jadi orang terkaya di China. Berkat perusahaannya Pinduoduo dia menyalip Jack Ma, yang sebelumnya langganan jadi orang paling tajir di Negeri Tirai Bambu.

Menarik untuk mengetahui, apa itu Pinduoduo dan bagaimana cara Huang mendapatkan kekayaan hingga US$ 87,58 miliar atau setara Rp 1.226 triliun (kurs: Rp 14.000/dolar AS)?

Dikutip dari CNBC, Selasa (23/6/2020), Pinduoduo atau yang biasa disingkat PDD adalah salah satu perusahaan e-commerce terbesar di China. PDD bersaing ketat dengan JD dan Alibaba, perusahaan yang didirikan Jack Ma.

Diketahui, jajaran orang terkaya di China banyak yang meraup harta dari perusahaan teknologi yang kian berkembang.

Pada 2019, PDD menyatakan bahwa mereka memiliki 588,2 juta pengguna aktif pada 2019. Setidaknya paling sedikit mereka melakukan 1 transaksi per tahun. Sementara JD.com memiliki 362 juta pada periode yang sama dan Alibaba sebanyak 711 juta.

Perkembangan pengguna aktif PDD juga karena kemudahan mengakses lewat aplikasi berbagai pesan buatan Tencent, yaitu WeChat yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna bulanan. WeChat adalah aplikasi yang bisa digunakan orang untuk melakukan pembayaran dan transaksi. Jadi pembeli bisa mengakses PDD dan langsung membayarnya di aplikasi WeChat tersebut.

Dalam hal pangsa pasar, menurut riset yang dirilis eMarketer pada Juli 2019, PDD menduduki urutan ketiga di bawah Alibaba dan JD.com. PDD banyak digunakan oleh masyarakat di kota-kota kecil di China sementara dua aplikasi pesaingnya itu mendominasi kota-kota besar.

Karena terus berkembang, PDD akhirnya bisa melantai di bursa. Dia mencatatkan sahamnya di Nasdaq pada 2018.

Perusahaanya juga mendapatkan pendanaan dari investor seperti Tencent, Sequoia China Neil Shen. Kenaikan saham Pinduoduo yang signifikan juga mendorong co-founder Gaorong, Zhang Zhen dan Gao Xiang menjadi member Midas tahun ini.

Sumber: detik.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …