Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Menteri Kesehatan Selandia Baru Mundur Tiba-tiba, Ternyata Ini Penyebabnya
deras.co.id
Menteri Kesehatan Selandia Baru David Clark saat mengumumkan pengunduran dirinya (Foto:AP Photo/Mark Mitchell)

Menteri Kesehatan Selandia Baru Mundur Tiba-tiba, Ternyata Ini Penyebabnya

Wellington, Menteri Kesehatan (Menkes) Selandia Baru, David Clark, mengundurkan diri dari jabatannya terkait blunder dalam respons pemerintah terhadap pandemi virus Corona (COVID-19). Blunder tersebut memicu munculnya kembali kasus baru di negara yang sempat menyatakan bebas dari Corona.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Kamis (2/7/2020), pengunduran diri Clark juga didasari kesalahan pribadi yang dilakukannya beberapa waktu lalu saat melanggar aturan pembatasan sosial yang diberlakukan di Selandia Baru.

Dalam pernyataannya, Clark menyebut keberadaannya dengan tetap menjabat Menteri Kesehatan telah memicu ‘gangguan yang tidak membantu’ bagi upaya pemerintah menghadapi pandemi Corona.

“Semakin jelas bagi saya bahwa kelanjutan peran saya telah mengganggu respons pemerintah secara keseluruhan terhadap COVID-19 dan pandemi global,” ucap Clark dalam konferensi pers di parlemen Selandia Baru.

“Saya mengambil tanggung jawab penuh atas keputusan yang dibuat dan diambil selama saya menjabat sebagai Menteri Kesehatan,” tegas Clark.

Disebutkan Clark bahwa Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern telah menerima pengunduran diri yang diajukannya. PM Ardern mengonfirmasi hal itu.

“David (Clark) telah sampai pada kesimpulan bahwa keberadaannya dalam peran itu telah menciptakan gangguan yang tidak membantu, dari respons berkelanjutan pemerintah terhadap COVID-19 dan reformasi kesehatan lebih luas,” tegas Ardern seperti dikutip New Zealand Herald.

Selandia Baru awalnya telah mencabut seluruh pembatasan terkait virus Corona pada 8 Juni, setelah pasien terakhir pada saat itu dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari isolasi. Selama 24 hari kemudian, Selandia Baru tidak melaporkan kasus baru Corona dan sempat menyatakan bebas Corona.

Sumber: detik.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …