Tuesday , August 11 2020
Beranda / Berita / Erdogan Resmikan Hagia Sophia Sebagai Masjid, Sholat Jum’at Perdana Digelar 24 Juli
deras.co.id
Museum Hagia Sophia atau Aya Sofia di Istanbul Turki kini telah diumumkan sebagai Masjid ummat islam oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto:Aljazeera)

Erdogan Resmikan Hagia Sophia Sebagai Masjid, Sholat Jum’at Perdana Digelar 24 Juli

Istanbul, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan warga dapat melaksanakan ibadah shalat di bangunan bersejarah, Hagia Sophia pada 24 Juli 2020. Edorgan menyebut Shalat Jum’at pada 24 Juli akan menjadi ibadah pertama kali di Hagia Sophia usai status bangunan bersejarah itu diubah dari museum menjadi masjid.

“InsyaAllah, kami akan melakukan shalat Jum’at bersama-sama pada 24 Juli dan membuka kembali Hagia Sophia untuk beribadah,” kata Erdogan dilansir dari AFP, Sabtu (11/7/2020).

Erdogan menyebut Hagia Sophia sebagai warisan bersama umat manusia. Meski sudah berstatus sebagai masjid, ia berjanji Hagia Sophia terbuka bagi siapa saja.

“Seperti semua masjid kami, pintu Hagia Sophia akan terbuka lebar untuk penduduk lokal dan asing, Muslim dan non-Muslim,” imbuhnya.

“Hagia Sophia, warisan bersama umat manusia, akan terus merangkul semua orang dalam semangat yang lebih tulus dan lebih bebas dengan status barunya,” katanya.

Ia meminta semua orang untuk menghargai keputusan pengubahan status Hagia Sophia itu. “Masalah tujuan pengubahan (fungsi) Hagia Sophia untuk masalah hak-hak kedaulatan Turki,” ucap Erdogan.

Diketahui, Hagia Sophia dibangun pertama kali sebagai gereja katedral oleh Kekaisaran Bizantium Kristen sejak 1500 tahun yang lalu. Kemudian, bangunan itu diubah statusnya menjadi masjid setelah penaklukan Konstantinopel oleh Ottoman pada 1453.

Lalu, status Hagia Sophia diubah menjadi museum pada tahun 1934 dan ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Seiring berjalannya waktu, Hagia Sophia menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan di Istanbul.

Sumber: detik.com

Baca Juga

deras.co.id

HEBOH Logo HUT RI Mirip Salib, Aa Gym Minta Pemerintah Bijak dan Peka

deras.id – Publik tengah ramai membicarakan logo HUT RI ke-75 yang dianggap mirip dengan simbol …