Tuesday , August 11 2020
Beranda / Berita / Nasihat Indah Menyentuh Hati Ust. Salim A. Fillah Bagi Anda yang Belum Mampu Berhaji
deras.co.id
MAGNETISM ART (Seni Kemagnetan, seakan menggambarkan Ka'bah dan para tamuNya, sebab demikian ini pula konon gambaran alami isi semesta, dari yang terkecil hingga jagat raya). Dari www.ahmedmater.com

Nasihat Indah Menyentuh Hati Ust. Salim A. Fillah Bagi Anda yang Belum Mampu Berhaji

Menjelang bulan Zulhijah, musim haji telah di depan mata. Namun, adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah Arab Saudi mengambilkeputusan untuk membatasi pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Beberapa negara di dunia bahkan sudah menyatakan tidak akan memberangkatkan jemaah ke tanah suci di musim haji kali ini. Itu semua dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona saat ini.

Tak sedikit umat Islam yang telah merencanakan berhaji harus bersabar menunda menyempurnakan rukun Islam yang kelima itu. Ustadz Salim A Fillah pun menyampaikan nasihat indah kepada mereka.

Melalui akun IG-nya @salimafillah ustadz yang berasal dari Yogyakarta itu menukil ungkapan Imam Ibn Rajab Al Hanbaly dalam Lathaiful Ma’arif/633, kemarin. Berikut pesannya:

 

 

View this post on Instagram

 

TERHALANG HAJI @salimafillah . Yaa Rabb… Hari-hari ini seharusnya tamu-tamuMu bersiap dan berangkat menuju rumahMu. Tapi Engkau berkehendak bahwa mereka yang telah berniat dan berkemampuan pun tak kuasa bersimpuh di depan Ka’bah tahun ini. Maka kami teringat ungkapan Imam Ibn Rajab Al Hanbaly yang indah sekali. . ‏من لم يستطع الوقوف بعرفة فليقف عند حدود الله الذي عرفه . Siapa belum mampu berdiam-wukuf di ‘Arafah suci; hendaklah dia berhenti pada batas hukum Allah yang telah dia kenali. . . ‏ومن لم يستطع المبيت بمزدلفة فليبت على طاعة الله ليقربه ويزلفه . Dan siapa yang belum mampu mabit-bermalam di Muzdalifah; bermalamlah dengan ketaatan pada Allah; agar akrab padaNya & dekat bermesra. . . ‏ومن لم يقدر على ذبح هديه بمنى فليذبح هواه ليبلغ به الُمنى . Siapa yang belum kuasa menyembelih hewan hadyu-nya di Mina; hendaklah dia sembelih hawa nafsunya agar dengannya ia sampai pada cita-cita. . . ‏ومن لم يستطع الوصول للبيت لأنه بعيد فليقصد رب البيت فإنه أقرب إليه من حبل الوريد . Dan siapa yang belum mampu sampai ke Baitullah bersebab jauhnya, hendaklah dia tuju Rabbnya Ka’bah yang lebih dekat daripada urat lehernya. . Demikian terkutip dari Lathaiful Ma’arif/633 dengan terjemah yang tak tepat arti dan tak menggapai sastranya, sebab kelindan huruf dan makna dalam bahasa Arabnya sangat luar biasa; semoga Allah limpahi kita kemabruran, sejak kini, dan selamanya. _________ Gambar: MAGNETISM ART (Seni Kemagnetan, seakan menggambarkan Ka’bah dan para tamuNya, sebab demikian ini pula konon gambaran alami isi semesta, dari yang terkecil hingga jagat raya). Dari www(dot)ahmedmater(dot)com

A post shared by Salim A. Fillah (@salimafillah) on

Yaa Rabb… Hari-hari ini seharusnya tamu-tamu-Mu bersiap dan berangkat menuju rumah-Mu. Tapi Engkau berkehendak bahwa mereka yang telah berniat dan berkemampuan pun tak kuasa bersimpuh di depan Kakbah tahun ini. Maka kami teringat ungkapan Imam Ibn Rajab Al-Hanbaly yang indah sekali.

‏من لم يستطع الوقوف بعرفة
فليقف عند حدود الله الذي عرفه

“Siapa belum mampu berdiam-wukuf di ‘Arafah suci; hendaklah dia berhenti pada batas hukum Allah yang telah dia kenali”.

‏ومن لم يستطع المبيت بمزدلفة
فليبت على طاعة الله ليقربه ويزلفه

“Dan siapa yang belum mampu mabit bermalam di Muzdalifah; bermalamlah dengan ketaatan pada Allah; agar akrab pada-Nya dan dekat bermesra”.

‏ومن لم يقدر على ذبح هديه بمنى
فليذبح هواه ليبلغ به الُمنى

“Siapa yang belum kuasa menyembelih hewan hadyu-nya di Mina; hendaklah dia sembelih hawa nafsunya agar dengannya ia sampai pada cita-cita”.

‏ومن لم يستطع الوصول للبيت لأنه بعيد
فليقصد رب البيت فإنه أقرب إليه من حبل الوريد

“Dan siapa yang belum mampu sampai ke Baitullah bersebab jauhnya, hendaklah dia tuju Rabbnya Kakbah yang lebih dekat daripada urat lehernya”.

Sumber: islampos.com

Baca Juga

deras.co.id

HEBOH Logo HUT RI Mirip Salib, Aa Gym Minta Pemerintah Bijak dan Peka

deras.id – Publik tengah ramai membicarakan logo HUT RI ke-75 yang dianggap mirip dengan simbol …