Friday , November 27 2020
Beranda / Berita / Menjelajah Kawah Putih Eksotis Nan Dingin Di Planet Merah
deras.co.id
Kawah Korolev di Mars.(Foto:ESA/Björn Schreiner 2018/FU Berlin)

Menjelajah Kawah Putih Eksotis Nan Dingin Di Planet Merah

Dengan video terbaru dari European Space Agency (ESA)kita dapat ‘mengunjungi’ dan melihat lebih dekat Kawah Korolev di Mars.

Gambar yang diambil oleh High-Resolution Stereo Camera (HRSC) yang berada di Mars Express Orbiter telah digabungkan dengan informasi topografi untuk menghasilkan lanskap 3D dari kawah.

Ilusi seolah-olah kita terbang di atasnya, didapat dari rekaman lanskap dari berbagai sudut pandang. Dari mana pun Anda melihatnya, Kawah Korolev tampak seperti kolam renang marshmallow raksasa.

Ditemukan di Kutub Utara Mars, Kawah Korolev memiliki lebar 82 kilometer dan terisi oleh 1,8 kilometer air es sepanjang tahun. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang bertindak sebagai penjebak dingin alami.

Lapisan udara di atas es didinginkan dan karena udara merupakan penghantar panas yang buruk, ia tidak memindahkan banyak udara panas di atasnya ke reservois es. Akibatnya, lapisan udara yang sejuk, melindungi es agar tidak meleleh.

Mengitari kawah beku, video memperlihatkan tampilan yang cukup realistis dari salah satu fitur Mars yang mengesankan ini. Nama kawah diambil dari “ayah dari teknologi luar angkasa Rusia”, Sergei Pavlovich Korolev yang berperan penting dalam pengembangan pendahulu roket Soyuz, R-7.

“Sensasi perjalanan” di Kawah Korolev ini tidak akan mungkin berhasil tanpa Mars Express Orbiter. Diluncurkan pada 2003, pesawat luar angkasa ini telah memberikan kita banyak informasi mengenai Planet Merah—termasuk penemuan danau berisi cairan di Kutub Selatan Mars.

Sumber: nationalgeographic.grid.id

Baca Juga

deras.co.id

Peringati HUT ke-49 Tahun, KORPRI Asahan Gelar Gowes & Donor Darah

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang jatuh …