Saturday , September 19 2020
Beranda / Berita / Solusi Cerdas Pembelajaran Di Era Pandemi, YPSA Terapkan Metode ‘Home Visit’
deras.co.id
Metode pembelajaran siswa-siswi SD YPSA 'Home Visit'

Solusi Cerdas Pembelajaran Di Era Pandemi, YPSA Terapkan Metode ‘Home Visit’

Masa pandemi dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) belum dapat dilakukan secara tatap muka, SD Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) menggunakan metode pembelajaran Home Visit Guru secara bergilir dan rutin ke rumah masing-masing siswa-siswi SD YPSA.

Program sekolah ini dilaksanakan dengan cara para guru mengunjungi tempat tinggal siswa untuk memberikan pembelajaran, dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak didik.

Menurut Kepala SD YPSA Azhar Fauzi dalam keterangannya, Senin (20/7/2020), “Program home visit bagi siswa-siswi SD YPSA adalah program kunjungan wali kelas dan asisten wali kelas 1 ke rumah siswa-siswi SD YPSA dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi covid-19”.

Ia menerangkan, “sejak pandemi Covid-19 tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga YPSA menggunakan metode pembelajaran home visit. Keputusan menggunakan metode inipun disetujui wali murid, agar anaknya mendapatkan mata pelajaran langsung dari gurunya”.

“Selain menggunakan metode home visit, kami juga melakukan pembelajaran secara daring atau online” jelasnya.

Metode pembelajaran Home Visit, mendatangi rumah siswa-siswi YPSA secara bergilir dan rutin.

“Teknis pelaksanaan program ini dilakukan dalam setiap minggu dengan pengelompokan beberapa siswa dan wilayah lokasi masing-masing. Pencapaian yang diharapkan selama program ini adalah adanya peningkatan kemampuan motorik anak dalam membaca, menulis, dan berhitung serta yang paling utama adalah kemampuan tilawati dan al quran”, tambah Fauzi kembali.

“Dengan home visit, para siswa dapat menangkap pembelajaran secara visual dan audio, karena mereka tidak semuanya menguasai salah satu media pembelajaran tersebut. Ada yang harus keduanya, seperti guru menulis dan siswa melihat langsung.” imbuhnya.

Fauzi berharap, metode pembelajaran home visit dapat berkembang terus di YPSA pada masa pandemi Covid-19 ini, agar siswa tetap mendapatkan pendidikan yang layak dan mudah dipahami.

Baca Juga

deras.co.id

Polisi Gelar 17 Adegan Rekonstruksi Kasus Penikaman Syekh Ali Jaber

Bandar Lampung, Alpin Andrian (24 tahun), tersangka pelaku penikaman terhadap ulama kondang Syekh Ali Jaber …