Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Persiapan ‘Istimewa’ Sholat Jum’at Perdana Di Masjid Hagia Sophia
deras.co.id
Petugas memasang karpet untuk persiapan salat Jumat pertama di Hagia Sophia, Turki. (Foto:Reuters)

Persiapan ‘Istimewa’ Sholat Jum’at Perdana Di Masjid Hagia Sophia

Istanbul, Turki melakukan berbagai persiapan menjelang shalat Jumat pertama di Hagia Sophia pada hari ini.

Beberapa hari terakhir ini tampak para pekerja memasang tirai untuk menutup mosaik dan lukisan di bagian dalam gedung selama shalat.

Mosaik dan lukisan dinding di Hagia Sophia akan ditutupi tirai selamat shalat.

Mekanisme tirai yang dipasang pun serupa dengan yang digunakan dalam industri film. “Tak ada satu pun paku yang digunakan saat memasang sistem itu,” papar pihak pengelola gedung.

Mosaik Theokos setinggi 6,5 meter dan Gabriel setinggi 7,5 meter yang terlihat dari lantai bawah, akan dibuka dan ditutup dengan tirai, selama satu menit masing-masing.

Baca juga: Sholat Jum’at Perdana, Masjid Hagia Sophia Sudah Membludak Sejak Malam Tadi

Awalnya, teknologi laser akan digunakan untuk menutupi mosaik dan lukisan itu. Namun rencana menggunakan laser ini tak jadi digunakan.

Perancah yang sudah didirikan di dalam gedung untuk restorasi juga akan ditutup tirai selama shalat. Adapun panel omphalion akan tetap dibiarkan di bawah karpet, yang akan akan menjadi tempat untuk shalat.

Karpet yang akan digunakan di Hagia Sophia dibuat di provinsi Manisa. Pabrik pembuat karpet itu meruapakan salah satu pabrik pertama di Turki yang membuat karpet dengan mesin.

Karpet itu sangat istimewa karena dibuat 100% dari wool asli Turki. Karpet warna kepala bebek hijau itu memiliki motif era Ottoman abad 17.

Karpet yang dibuat khusus dari wool asli Turki dipasang di Hagia Sophia, Turki. (Foto:hurriyetdailynews)

Sumber: sindonews.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …