Friday , March 29 2024
Beranda / Featured / Penampakan Awan Tsunami Bikin Panik Warga Aceh Meulaboh
deras.co.id

Penampakan Awan Tsunami Bikin Panik Warga Aceh Meulaboh

Aceh – Meulaboh —Warga Kota Meulaboh dikejutkan dengan penampakan awan tsunami pada pagi hari Senin (10/08/2020). Awan hitam bergulung membentang dari Timur hingga Barat, mengingatkan akan bentuk gelombang tsunami yang pernah melanda Aceh. Awan tampak berada di atas lautan yang seolah siap menggulung apa saja yang ada di bawahnya.

Video bentangan awan yang membikin bulu kuduk berdiri ini tersebar di berbagai platform sosial media. Status WhatsApp warga Meulaboh hampir semua memposting penampakan bentuk awan tersebut.

Awan terlihat sangat jelas sejak pukul 08.15 WIB, dan berangsur hilang pada pukul 09.00 WIB.

Warga yang menyaksikan fenomena alam ini terlihat panik. Bentuk awak yang tak biasa ini seperti gelombang tsunami yang siap menggulung apapun yang ada di bawahnya.

Warga memilih masuk ke dalam rumah dan berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jalanan di Kota Meulaboh pagi tadi terlihat lengang, hanya beberapa kenderaan yang lalu lalang di jalanan.

Sumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa fenomena awan tersebut bernama Awan Arcus.

Awan Arcus Berbahaya Bagi Penerbangan

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Naganraya, Iswahyuono Basuki Priambodo mengatakan, awan tersebut termasuk dalam kategori awan Arcus.

“Awan ini memang tergolong awan rendah dengan single level. Awan ini mengakibatkan dampak yang cukup berbahaya seperti hujan lebat disertai angin kencang, petir atau kilat, hujan es dan lain-lain,” ujar pria yang biasa disapa Wahyu itu seperti dikutip dari laman Indozone Senin (10/8/2020).

Wahyu bilang bahwa meskipun terlibat begitu besar dengan mata telanjang, namun awan tersebut tidak terpantau satelit BMKG.

Jika pesawat tersangkut di awan tersebut, kata dia, kemungkinan kecelakaan akan sangat besar.

“Karena dia sangat padat. Di dalamnya ada petir dan angin kencang. Jadi sangat bahaya,” jelasnya.

Awan arcus adalah sebuah formasi awan horizontal rendah yang biasanya muncul sebagai awan aksesoris dari sebuah cumulonimbus. Awan gulung dan awan landas adalah dua jenis awan arcus. Penampakan awan Arcus yang tertahan seperti dilangit Meulaboh pagi ini termasuk fenomena langka.

Sumber: satuacehnews

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …