Saturday , September 19 2020
Beranda / Featured / Ribuan Rakyat Lebanon Menyambut Gembira atas Kedatangan Delegasi Turki: “Terimakasih Erdogan”
deras.co.id

Ribuan Rakyat Lebanon Menyambut Gembira atas Kedatangan Delegasi Turki: “Terimakasih Erdogan”

deras.co.id – Lebanon – Beirut – Ribuan orang Lebanon Sabtu (8/8/2020), menyambut penuh kegembiraan kedatangan delegasi Turki, yang terdiri dari Wakil Presiden Turki Fuad Oktay dan Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, yang tiba dalam kunjungan solidaritas dengan rakyat Lebanon dan ibu kota Beirut, yang diguncang oleh ledakan dahsyat yang mengakibatkan kerugian besar jiwa dan material.

Kerumunan yang berkumpul di depan markas besar asosiasi “Generasi Masa Depan” di daerah Spears di Beirut tengah membawa bendera Lebanon dan Turki, sebagai ungkapan selamat datang mereka yang luar biasa kepada delegasi tingkat tinggi Turki.

Para peserta resepsi di wilayah itu berbaris, mengibarkan bendera pada saat kedatangan delegasi Turki, dan mulai meneriakkan slogan dan nyanyian terima kasih kepada Turki, rakyat Turki dan Presiden Recep Tayyip Erdogan, karena telah berdiri di samping rakyat Lebanon di bencana yang menimpa mereka

Wapres Turki Fuad Oktay mengatakan dalam pernyataan pers setelah pertemuannya dengan Presiden Lebanon Michel Aoun, bahwa Turki siap untuk membangun kembali dan merehabilitasi kembali pelabuhan ibu kota Lebanon, Beirut, selain kesediaannya untuk mengalokasikan pelabuhan Mersin untuk kegiatan komersial yang diperlukan untuk Lebanon, menekankan bahwa Turki siap memberikan bantuan dan menyediakan semua yang diperlukan Lebanon.

Dan Selasa lalu, 4 Agustus, ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, di pelabuhan kota, menewaskan sekitar 140 orang dan lebih dari 5.000 lainnya luka-luka, dalam jumlah yang diperkirakan akan meningkat.

Presiden Erdogan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Lebanon atas korban ledakan, dan segera mengirimkan bantuan.

Turki langsung mengirimkan bantuan kemanusiaan, medis, tim yang terdiri dari 20 dokter, bahan makanan 400 ton gandum ke Beirut.

Hal ini sampai membuat terharu mantan Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri dan mengatakan:

“Hampir semua kepala negara menghubungi saya dan bilang apakah kamu butuh bantuan? Hanya Erdogan yang menghubungi saya dan bilang, pesawat kami membawa bantuan sudah mau masuk perbatasan Lebanon.”

Mendadak jurnalisnya terisak haru mendengarnya.

Bayangin saja, sang jurnalis sedang tugas di Qatar dan dapat kabar keluarganya di Beirut jadi korban ledakan. Terus ada Presiden baik hati seperti Erdogan tanpa basa basi langsung kirim bantuan. Mewek lah terharu.

Sumber: TR, Alwassat

 

Baca Juga

deras.co.id

Polisi Gelar 17 Adegan Rekonstruksi Kasus Penikaman Syekh Ali Jaber

Bandar Lampung, Alpin Andrian (24 tahun), tersangka pelaku penikaman terhadap ulama kondang Syekh Ali Jaber …