Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Sinabung Erupsi Lagi, Terbangkan 2000m Abu Ke Langit
deras.co.id
Erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara pada, Senin (10/8/2020). (Foto:Ist)

Sinabung Erupsi Lagi, Terbangkan 2000m Abu Ke Langit

Sinabung, Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko menyampaikan, telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara pada, Senin (10/8/2020) pukul 11.17 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 m di atas puncak kurang lebih 4.460 m di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara,” kata Hary kepada wartawan di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi agar masyarakat dan pengunjung/ wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” tambah Hary.

Dikatakan, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Sumber: sindonews.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …