Tuesday , April 16 2024
Beranda / Berita / Roket Falcon 9 Milik Space X Luncurkan 58 Satelit

Roket Falcon 9 Milik Space X Luncurkan 58 Satelit

Space X kembali luncurkan misi ‍rideshare ke lintasan orbit pada Selasa (18/8/2020). Perusahaan menggunakan roket Falcon 9 dua tahap, ini menandakan misi ke-14 tahun ini yang berhasil meluncur pada pukul 10:31 waktu setempat dari Space Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida.

Space melaporkan, dalam misi ke-14 ini Falcon 9 mengirimkan muatan dari dua buah perusahaan berbeda. Ini mencakup 58 satelit internet luar angkasa milik Starlink, dan tiga buah satelit Skysat milik Planet – perusahaan pencitraan bumi yang berbasis di California. Tercatat dengan ini SpaceX telah melakukan peluncuran kelintasan orbit sebanyak dua kali dalam waktu satu bulan.

Sebelumnya, SpaceX – menggunakan roket Falcon 9 – telah mengirimkan 57 satelit Starlink pada 7 Agustus. Maka total tercatat sudah ada 653 satelit internet luar angkasa yang membentuk konstelasi broadband Starlink di lintasan orbit sejak peluncuran satelit pada Mei 2019. Ini akan semakin mendekatkan Starlink pada tujuan menyediakan akses internet broadband dan aplikasi militer secara global.

Tidak hanya Starlink, Planet selaku penumpang lainnya juga tercatat memiliki jaringan terbesar kedua setelah Starlink. Bedanya ini diperuntukkan untuk mencitrakan Bumi dari luar angkasa.

Spaceflight Now melaporkan bahwa tiga buah satelit Skysat itu nantinya akan bergabung dengan 150 armada lain yang sudah ada di lintasan orbit.

Misi ke-14 kali ini juga menjadi prestasi tersendiri untuk SpaceX. Misi ke-14 kali ini telah menandakan peluncuran ke-99 dari perusahaan tersebut.

Selain itu, booster tahap pertama B1049 yang digunakan roket Falcon 9 kali ini juga telah mencatat rekor baru sebagai penggunaan keenam yang pertama. Sebelumnya booster itu juga telah berhasil meluncurkan misi Starlink lain seperti Telstar 18 VANTAGE dan Iridium-8.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Idul Fitri 1445 H di Pematang Siantar

Ribuan umat muslim di Pematangsiantar tumpah ruah memenuhi jalan mengikuti pawai malam takbiran menyambut Hari …