Friday , October 23 2020
Beranda / Edukasi / Dosen Unimed Terapkan Produk Penelitian Bantu Masyarakat Kelurahan Babura Medan
tim-pkm-unimed

Dosen Unimed Terapkan Produk Penelitian Bantu Masyarakat Kelurahan Babura Medan

Tim dosen gabungan dari Universitas Negeri Medan (Unimed) telah berhasil melakukan Program Kemitraaan Masyarakat (PKM) kepada tim PKK Kelurahan Babura Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan pada tanggal 24-25 Agustus 2020. Tim pelaksana PKM tersebut terdiri dari Dr. Diky Setya Diningrat, M.Si. (dosen prodi Biologi FMIPA Unimed) sebagai ketua, Dr. dr. Novita Sari Harahap (dosen prodi Ilmu Keolahragaan FIK Unimed) sebagai anggota, dan Bagoes Maulana, M.Kom. (dosen prodi PTIK FT Unimed) sebagai anggota.

Program kemitraan yang dilakukan adalah menerapkan produk hasil penelitian berupa minuman sehat herbal yang bernama Next Generation Cincau (NGC). Sebelumnya tim PKM melalui ketua tim, Dr. Diky, mengatakan bahwa kegiatan ini diawali dengan adanya inovasi dari mahasiswa dalam membuat produk kuliner sehat yang menjaga khasiat dari tanaman yang dimanfaatkan dalam bentuk minuman ringan berbahan dasar pisang, sirsak dan hanjeli. Produk ini sebenarnya sudah dipasarkan di kantin-kantin kampus dan sekolah dengan kapasitas produksi sebanyak 50 sampai dengan 100 cangkir (cup) per hari yang dijual dengan harga Rp. 4.000 per cup.

Diky juga menambahkan, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, mitra menghadapi masalah yaitu dalam hal legitimasi atau standarisasi produk untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan hal ini seringkali ditanyakan oleh konsumen. Oleh karena hal ini, maka tim dosen PKM Unimed memberikan pendidikan, pelatihan dan pendampingan standarisasi produk yang dihasilkan. Produk yang telah terstandarisasi nantinya akan dapat mengembangkan usaha yang merupakan produk hilirisasi hasil penelitian ini dengan mengoptimalkan dalam manajemen usaha dan manajemen pemasaran yang tepat guna, efektif dan efisien.

Pada kesempatan yang sama, Diky juga melakukan penyerahan alat berupa kulkas (pendingin) sebagai tempat penyimpanan bahan produksi dan mengatakan akan melakukan pendampingan standarisasi produk berupa sertifikasi halal, BPPOM dan mendaftarkan KI berupa merk, serta pendampingan pengembangan pasar dengan model digitalisasi UKM.

Rakha Ajie selaku ketua kelompok usaha di Kelurahan Babura Medan mengucapkan terima kasih atas pendampingan yang telah dilaksanakan. “Kami tentunya berharap Program Kemitraan Masyarakat ini dapat terus dilaksanakan sehingga dapat meningkatkan produktivitas usaha apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Rektor Unimed dan Bapak Ketua LPPM, semoga Unimed dan seluruh jajarannya sukses dan selalu menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Baca Juga

deras.co.id

Plh. Bupati Asahan Buka Secara Resmi Rakornis TP PKK

Plh. Bupati Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis …