Beranda / Berita / Kepala BPOM Jelaskan Vaksin G42 Milik UEA Sudah Bersertifikasi Halal
deras.co.id
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K Lukito. (Foto: BIRO PERS SETPRES)

Kepala BPOM Jelaskan Vaksin G42 Milik UEA Sudah Bersertifikasi Halal

Jakarta, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengatakan, telah melakukan kunjungan langsung ke Uni Emirat Arab (UEA) menyusul kesepakatan pemerintah Indonesia dengan UEA melalui G42 yang bekerjasama dengan Perusahaan Sinofarm bersama Kimia Farma. Kunjungan ini untuk mendapatkan data dan informasi lebih detail.

“Sehingga Badan POM dapat lebih efektif dalam memberikan dukungan langkah regulatory untuk mempercepat akses vaksin Covid-19 ini di Indonesia. Dan juga tentunya salah satunya dalam rangka percepatan tersebut adalah untuk mendapatkan informasi dikaitkan dengan pelaksanaan uji klinik fase III yang sedang dilakukan di Uni Emirat Arab,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (1/9/2020).

Dia mengatakan, dari kunjungan tersebut diperoleh informasi bahwa kandidat vaksin ini telah mendapatkan izin emergency use authorisation dari regulator pengawas obat di China. Kemudian, sejak Juli 2020 sudah mendapatkan izin penggunaan emergency dari National Medicine Product Administration berdasarkan hasil uji klinik fase 1 dan 2.

“Dan telah mendapatkan sertifikat halal. Diharapkan Uni Emirat Arab akan memberikan juga izin emergency use authorisation pada 2 bulan ke depan sekitar bulan Oktober pada in term analisis dari hasil uji klinis ini,” ungkapnya.

Sumber: okezone.com

Baca Juga

Inalum Gunakan Modifikasi Cuaca untuk Kelestarian Danau Toba dan Kesinambungan Energi Listrik Ramah Lingkungan

Siborongborong- Hingga 26 Maret 2021 lalu, Tinggi Muka Air (TMA) Danau Toba berada pada level …