Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Ada yang Tahu Pionir Sosial Media Pertama Di Dunia? mIRC Kalah Jadul
deras.co.id

Ada yang Tahu Pionir Sosial Media Pertama Di Dunia? mIRC Kalah Jadul

Media sosial menjadi hal yang lumrah dimiliki orang-orang di era modern. Namun, apakah ada yang tahu nama media sosial yang pertama kali ada?

Diketahui teknologi mulai berkembang dengan cepat di abad ke-20. Setelah komputer berhasil tercipta di 1940-an, ilmuwan dan insinyur mulai membangun jaringan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Inilah yang menjadi cikal bakal internet.

Bentuk paling awal dari internet seperti CompuServe dikembangkan pada 1960-an. Email jadul juga tersedia di kisaran waktu yang sama. Barulah di tahun 1970-an, jaringan internet makin mutakhir dan dapat menghubungkan banyak orang. Di 1979, pengguna UseNet mulai bisa berkomunikasi melalui surat kabar virtual.

Terus kapan dong media sosial tercipta? Tahun 1980-an, komputer sudah menjadi hal yang umum dan media sosial jadi sangat digemari. Mulai ada Internet Relay Chat (IRC) dan berlanjut semakin populer hingga 1990.

Nah, media sosial pertama kali yang diketahui adalah Six Degrees, diciptakan pada 1997. Situs ini mengizinkan pengguna mengunggah foto profil dan saling berteman dengan user lain. Di tahun 1999, blog mulai ramai dikembangkan.

Melansir Small Biz Trends, setelah penemuan blog, media sosial mulai meledak popularitasnya. Situs-situs seperti MySpace dan LinkedIn menjadi terkenal di awal tahun 2000-an. Begitu pula situs seperti Photobucket dan Flickr yang memfasilitasi untuk berbagi foto secara online.

YouTube baru keluar pada tahun 2005, menciptakan cara baru bagi orang-orang untuk berkomunikasi dan berbagi satu sama lain dalam jarak yang sangat jauh.

Pada tahun 2006, Facebook dan Twitter tersedia untuk pengguna di seluruh dunia. Situs-situs ini tetap menjadi jejaring sosial paling populer di Internet. Media sosial seperti Tumblr, Foursquare, Pinterest, dan Instagram akhirnya ikut bermunculan setelahnya.

By the way, adakah di antara kalian yang pernah punya akun di Six Degrees?

Sumber: detik.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …