Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Pengamat Menilai KAMI dan PA 212 Berpotensi Gabung Ke Partai Ummat
deras.co.id
Amien Rais deklarasikan Partai Ummat(Foto:Tangkapan layar)

Pengamat Menilai KAMI dan PA 212 Berpotensi Gabung Ke Partai Ummat

Jakarta, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai, kehadiran Partai Ummat yang didirikan Tokoh Reformasi M. Amien Rais bisa menarik minat sejumlah tokoh dan kelompok untuk bergabung di dalamnya. Paling tidak, tokoh yang selama ini mendukung langkah politik Amien bisa ikut bergabung.

“Bisa saja ada dari kelompok KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) dan dari militan pendukung Amien Rais di PAN,” kata Jerry kepada SINDOnews, Jumat (2/10/2020).

Jerry menilai, Amien Rais masuk di tempat yang tepat dengan strategi umat dengan menamakan Partai Ummat. Langkah ini bisa menarik simpati kelompok Masyumi, bahkan ormas Islam lainnya. Yang dinanti, siapa tokoh umat yang akan menjadi kekuatan partai baru ini.

“Akan seru ada banyak tokoh-tokoh koalisi umat. Tapi kekurangannya ini bukan partai untuk kelompok minoritas, namanya saja Partai Ummat. Reaching atau jangkauan hanya satu aliran,” ujar dia.

Baca juga: Amien Rais Umumkan Nama Partai Barunya, Bersama Ummat Lawan Kezaliman

Jerry menganggap, dengan menamakan Partai Ummat, diyakini Amien bisa bersaing dan eksis. Sementara, jika memilih partai nasionalis, Amien kalah laris karena sudah ada PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar yang dianggap sudah mapan dari sisi pemilih kalangan nasionalis.

Dia pun melihat, Partai Ummat ini akan memiliki daya tarik tersendiri, paling tidak untuk kelompok yang selama ini memiliki afiliasi atau kedekatan dengan kalangan umat Islam.

“Bisa saja Kelompok 212 bergabung atau simpatisan Amien Rais. Memang untuk meraih simpati dia mengarahkan ke kelompok umat,” pungkas dia.

Sumber: sindonews.com

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …