Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Kembangkan Wisata, PT. Inalum Bangun Musholla di Lokasi Wisata Simarjarunjung
deras.co.id

Kembangkan Wisata, PT. Inalum Bangun Musholla di Lokasi Wisata Simarjarunjung

Simalungun, Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) yang berlokasi di Desa Pariksabungan, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara adalah salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan jika berpergian ke Kawasan Danau Toba.

Perpaduan landscape alam yang sempurna antara pegunungan, danau, ngarai dan pantai menghasilkan panorama alam danau toba yang sungguh luar biasa indah ini dapat dinikmati dari BIS secara langsung yang didukung oleh spot-spot photo yang spektakuler sembari menikmati kuliner dan fasilitas rekreasi lainnya.

Fasilitas lokasi wisata BIS kini bertambah lengkap seiring dengan telah selesainya pembangunan musholla atas bantuan dari PT Inalum, sehingga para wisatawan dapat dengan tenang menikmati liburan dan wisatanya tanpa harus meninggalkan ibadah sholat lima waktu.

Selain bantuan pembangunan musholla, perusahaan plat merah yang bergerak di peleburan aluminium ini juga memberikan dukungan berupa pembangunan 1 unit gapura sebagai bentuk dukungan promosi atas destinasi wisata yang instagramable ini.

Bantuan pembangunan musholla dan Gapura ini adalah salah satu bentuk program CSR perusahaan untuk mendukung pengembangan tujuan wisata di Kawasan Danau Toba, demikian ungkap Mahyaruddin Ende, Deputy Sekretaris Perusahaan PT Inalum secara terpisah.

Serah terima bantuan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020 lalu. Seremoni penyerahan bantuan diawali dengan pembacaan doa oleh Ustadz Sari Barita Sinaga.

Selanjutnya sambutan oleh Ketua II Koperasi Destinasi Wisata Danau Toba Tio Elga Sinaga menyampaikan terima kasih atas bantuan PT Inalum atas kepeduliannya untuk memajukan pariwisata di Kawasan Danau Toba, khususnya di daerah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun.

Pembangunan Mushalla dan Gapura yang semula di jadwalkan selesai dalam waktu 4 bulan, namun dalam pengerjaannya harus tertunda selama 2 bulan akibat pandemi Covid-19.

Sekretaris Desa Pariksabungan Limson Purba mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari PT Inalum untuk memajukan Pariwisata di Simarjarunjung. Bantuan berupa fasilitas Mushalla dan Gapura tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke BIS ucap Limson.

Manager Seksi Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum Tober G Sidabutar didampingi Manager Seksi Hubungan Masyarakat PT Inalum A. Iqbal Hrp dalam sambutannya menyampaikan bahwa gagasan untuk membangun sarana pendukung di lokasi wisata Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) tercetus pada akhir Desember 2018 lalu. Dimana Management PT Inalum sangat terkesan dan ingin mengembangkan potensi wisata di BIS.

Ismail Midi, Kepala Departemen CSR PT Inalum, secara terpisah menambahkan bahwa pada bulan Oktober 2019 dilakukan kajian potensi longsor oleh ahli Geologi dari ITB di lokasi wisata BIS. Hasil dari kajian ahli tersebut menyatakan bahwa lokasi BIS aman untuk dikembangkan menjadi objek wisata.

Pembangunan dilaksanakan dalam 4 tahap dimulai sejak 9 April 2020 dan selesai pada tanggal 9 Oktober 2020. Dilakukan secara mandiri yang dikelola oleh Koperasi Destinasi Wisata Danau Toba. Kita semua berharap BIS dapat menjadi tempat yang ramah bagi pengunjung, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan, demikian ucap Tober Sidabutar.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dan penanda tanganan berita acara serah terima bantuan. Pengguntingan pita di Mushalla dan Gapura mengakhiri rangkaian acara tersebut.

Matahari di sore itu mulai tenggelam, namun wisatawan bertambah ramai berkunjung ke lokasi wisata BIS untuk menyaksikan peristiwa sunset yang berpadu dengan indahnya panorama alam Danau Toba yang merupakan anugrah Tuhan yang harus kita jaga Bersama.

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …