Thursday , November 26 2020
Beranda / Berita / Ilmuwan Kembangkan ‘Nasal Spray’ Untuk Lenyapkan Virus Corona

Ilmuwan Kembangkan ‘Nasal Spray’ Untuk Lenyapkan Virus Corona

Penelitian terus dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19. Kali ini, peneliti mengembangkan semprotan hidung lipoprotein modern yang secara khusus menghancurkan virus sebelum menginfeksi sel.

Dilansir dari Science Times, Rabu (11/11), para ilmuwan dan peneliti telah dapat menemukan terobosan untuk melawan Covid-19. Lipoprotein dianggap tidak memerlukan kriteria penyimpanan ketat untuk negara maju. Semprotan itu diklaim menyediakan metode pengiriman yang lebih sederhana.

Menurut Extreme Tech, para ilmuwan dari Columbia University, Cornell University, serta pakar medis, mereka memanfaatkan lipoprotein sebagai ramuan semprot hidung untuk mengatasi Covid-19. Formulasi baru akan melarang virus mendekati sel dan, lalu menghancurkannya.

Virus SARS-CoV2 adalah agen penyebab pernapasan yang ingin berada di samping sel dan memasukkan genom RNA (asam ribonukleat) untuk mereplikasi dirinya sendiri dan menghancurkan sel inang asli dalam prosesnya. Ini adalah mekanisme di mana Covid-19 mereplikasi dirinya sendiri dan tubuh manusia terganggu.

Ilmuwan dari Universitas Columbia, Universitas Cornell, bekerja sama untuk mengembangkan semprotan hidung berbasis protein lipopeptida. Penelitian dilakukan pada sampel hewan kecil. Hasilnya menunjukkan bahwa lipopeptida intranasal tidak beracun dan sangat stabil.

Protein lonjakan virus Korona selama ini menyebabkan mengunci sel manusia biasa dan membunuh semua sel lain di sekitarnya. Dalam sistem pernapasan, tindakan ini akan terus berkontribusi pada beberapa risiko Covid-19, termasuk diare, pilek, batuk, lemah, dan gejala mirip flu lainnya.

Para peneliti sekarang telah memanfaatkan lipopeptida, yang bisa menghentikan virus untuk menembus tubuh manusia dan menghancurkannya. Menurut pracetak di bioRxiv, subjek penelitian pertama dari formulasi itu dilakukan pada musang.

Semprotan itu mengandung Lipopeptida yakni lipoprotein yang sangat larut, tidak beracun, dan melindungi dari Covid-19 untuk pendekatan profilaksis intranasal (pada bagian hidung). Perusahaan berjanji akan segera melaksanakan uji klinis dari temuan ini.

Sumber: jawapos.com