Friday , March 29 2024
Beranda / Berita / Kiprah UMKM Binaan Inalum, Warung Sate Fitri Tetap Eksis Walaupun Saat Pandemi
deras.co.id

Kiprah UMKM Binaan Inalum, Warung Sate Fitri Tetap Eksis Walaupun Saat Pandemi

Aek Songsongan, Pandemi Covid-19 telah banyak mempengaruhi roda perekonomian di berbagai sektor selama berbulan-bulan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pun tidak lepas dari gerogotan wabah ini.

Tidak terkecuali UMKM yang berada di sekitar operasional perusahaan plat merah satu-satunya di bidang peleburan aluminium dengan memanfaatkan 2 PLTA nya di Sungai Asahan.

Warung Sate Fitri adalah salah satu UMKM binaan PT Inalum (Persero), yang terdampak Covid-19. Meskipun pandemi melanda usahanya, ia tak mudah menyerah begitu saja. Tidak satupun karyawannya yang diberhentikan karena keadaan ini walaupun ada pemotongan gaji sebanyak 10%.

Dua bulan pertama sejak wabah virus Corona diumumkan masuk ke Indonesia, pengunjung dan omset Warung Sate Fitri turun drastis. Sebelum pandemi, Warung Sate Fitri dapat menjual hingga 100 porsi perharinya. Pelanggannya pun tidak hanya berasal dari sekitar area warung namun juga dari luar daerah tersebut.

“Alhamdulillah meskipun sedang pandemi, orang akan tetap mencari makanan. Jadi, pelanggan tetap ada meskipun tidak seramai sebelum pandemi. Ya walaupun pelangganku yang jauh-jauh dari Aek Kanopan, Air Batu, dan Aek Loba, jarang makan di sini lagi,” tutur pemilik Warung Sate Fitri ini.

Menjaga Cita Rasa untuk Mempertahankan Usaha

Kunci mempertahankan bisnis warung sate ini menurut Fitri adalah teliti, tekun, dan sabar dalam mengelola keuangan. Kesungguhan dan kegigihan pun menjadi ujung tombak agar usaha tetap dapat dikelola dengan apik, baik sebelum, saat, ataupun seusai pandemi. Selain itu, ia pun tetap turun tangan dalam proses mengolah makanan yang dijualnya untuk menjaga cita rasa yang sudah dibangunnya sejak tahun 2015.

“Kalau jual makanan itu nggak bisa serta merta menambah porsi yang udah ditetapkan sehari-hari. Hari ini ramai pembeli, lalu besok kita tambah porsinya. Bisa aja jumlah pembeli besok lebih sedikit dari hari ini, dan kita jadi rugi. Menghindari hal itu, ya kita harus sabar, berapa pun keuntungan diterima dengan lapang dada,” ujarnya.

Asal Muasal Warung Sate Fitri

Ada keunikan dari sejarah Warung Sate Fitri ini. Pemiliknya merupakan seorang perempuan yang pernah tinggal di Tangerang selama 14 tahun dan bekerja di salah satu perusahaan kayu di sana. Kemudian ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan pindah ke Sumatera Utara walaupun sempat ada keraguan terhadap hal ini di dalam dirinya.

“Aku gak pernah mimpi jadi tukang sate. Untuk membuka usaha sate ini pun aku bingung juga waktu itu, apa bisa aku jualan sate sedangkan pekerjaanku sebelumnya di perkayuan,” cerita Fitri sambil mengenang sejarah awal warungnya.

Ibu yang biasa dipanggil dan dikenal dengan nama Fitri ini akhirnya memutuskan menamai warungnya dengan Warung Sate Fitri karena orang-orang yang selalu salah memanggil namanya. Warung ini dimulai dari kecil dengan enam ekor ayam untuk jualan sate selama sehari hingga saat ini dengan puluhan ekor ayam dalam sehari yang bahkan dapat mencapai 50 ekor ayam saat bulan puasa.

Bantuan Modal dan Geliat Usaha

Jerih payah dari keuletan dan kejujurannya, ibu yang bernama asli Supri Parluki Irianti ini menjadi perhatian Inalum untuk memberikan pembinaan dan pengembangan usaha yang lebih baik melalui pemberian modal usaha dalam kerangka program PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan).

Warung sate ini bergabung menjadi UKM mitra binaan Inalum sejak September 2019. Inalum memberikan bantuan modal pinjamam sebesar Lima Puluh Juta kepada ibu Fitri dengan biaya administrasi sebesar 3% untuk jangka waktu dua tahun Menurut Fitri, program PKBL ini banyak membantu perkembangan usahanya.

Hal ini dapat dilihat dari kenaikan penjualan, bertambahnya pegawai, serta peningkatan peralatan dan fasilitas di warungnya. Sebelum menjadi mitra Inalum, dalam sehari Fitri menjual 90 sampai 100 porsi dengan empat orang pegawai. Kini ia dapat menjual 130 sampai 150 porsi dengan enam orang karyawan.

Menurutnya, untuk memulai suatu usaha tidak perlu langsung dimulai dengan sesuatu yang besar melainkan dimulai dari langkah kecil terlebih dahulu.

“Kalau mau buka usaha mulailah dari yang kecil terlebih dahulu. Setelah niat, langsung aksi dan eksekusi niat tersebut, karena kalau nggak ada aksi ya percuma, nggak maju-maju,” ungkap Fitri untuk orang-orang yang ingin mulai berbisnis.

Selain sate, warung ini juga menyediakan makanan lain seperti ayam bakar, nila bakar, nasi uduk, dan sop kambing. Ke depannya, Fitri berharap usaha satenya akan semakin berkembang dengan adanya penambahan menu di warungnya, sembari berdoa semoga PT Inalum semakin sukses dan kondisi ekonomi semakin membaik.

Baca Juga

deras.co.id

Satnarkoba Polres Sergai Ringkus Seorang Residivis Terduga Pengedar Sabu Di Silinda

DERAS.CO.ID – Sergai – Tim Opsnal Satnarkoba Polres Serdangbedagai (Sergai) berhasil meringkus seorang residivis berinisial …