Monday , January 18 2021
Beranda / Berita / Dr. Muryanto Amin Terpilih Sebagai Rektor USU 2021-2026
deras.co.id
Dr. Muryanto Amin Rektor USU 2021-2026 (Foto: dok. situs resmi FISIP USU)

Dr. Muryanto Amin Terpilih Sebagai Rektor USU 2021-2026

Medan, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU), Dr. Muryanto Amin, terpilih menjadi Rektor USU 2021-2026. Dia bakal menggantikan Prof. Runtung Sitepu.

“Betul,” kata Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam saat dimintai konfirmasi soal hasil pemilihan, Kamis (3/12/2020).

Muryanto unggul dibanding dua calon rektor lainnya, yakni Prof. Farhat dan Prof. Arif Nasution. Muryanto meraih 18 suara atau 57,75% dari total suara yang ada.

Sebelumnya, ada enam orang calon Rektor USU yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dua orang kemudian mundur dari proses penjaringan calon Rektor USU. Mereka adalah Prof. M Fidel Ganis Siregar dan Dr Sontang Sihotang.

“Benar,” kata Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumanti saat dimintai konfirmasi, Rabu (25/11).

Keduanya mundur karena alasan pribadi. Elvi menyebut Fidel dan Sontang mundur sebelum proses audisi calon Rektor USU. Restu juga sempat mengajukan pengunduran diri dari proses penjaringan, namun ditolak karena dinilai melewati waktu yang ditentukan.

Restu merupakan pengurus Golkar Sumut. Dia menjabat Wakil Sekretaris Pemenangan Pemilu Wilayah II.

Muryanto Amin merupakan alumni Fisip USU angkatan 92, Lahir di Medan 30 September 1974 ini berhasil mejadi rektor USU setelah melewati tahapan tahapan penyaringan yang dilakukan oleh Senat Akademik USU. Jenjang Magister dan Doktor Ilmu Politik diraihnya dari Universitas Indonesia. Beliau merupakan dosen di Program Studi Ilmu Politik yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU pada saat ini.

Pemilihan Rektor USU sudah dimulai dimulai sejak Oktober lalu diawali dengan pemilihan anggota MWA wakil masyarakat. Selanjutnya pendafataran calon rektor yang dimulai pada 6 November 2020 dimana terdapat 7 orang pendaftar, 6 dari USU dan 1 dari luar USU.

Selanjutnya ditetapkan 6 calon yang memenuhi syarat untuk maju pada tahap audisi. Pada tahap ini 2 calon mundur tersisa 4 calon yang dibawa ke Senat Akademik. Kemudian Senat akademik melakukan penjaringan untuk memilih 3 orang calon rektor USU yang akan dipilih oleh MWA.

MWA USU sendiri terdiri dari 8 orang wakil Senat Akademik, 10 orang wakil masyarakat, dan 3 orang ex officio yaitu Rektor USU, Gubernur Sumut dan Mendikbud.

Sumber: detik.com, okemedan.com

Baca Juga

deras.co.id

Pelanggan Keluhkan ‘Sengatan’ TDL Rp 68 Juta, PLN Berikan Jawaban

PT PLN (Persero) memberikan klarifikasi mengenai keluhan pelanggan bernama Melanie soal tagihan listrik yang membengkak …