Wednesday , March 3 2021
Beranda / Berita / Selang 1 Hari Wafatnya Syekh Ali Jaber, Guru Habib Rizieq Tutup Usia
deras.co.id
Guru Habib Rizieq Habib Ali Abdurrahman Assegaf

Selang 1 Hari Wafatnya Syekh Ali Jaber, Guru Habib Rizieq Tutup Usia

Jakarta, Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf meninggal dunia, Jumat (15/1). Kabar ini disampaikan ustadz Yusuf Mansur melalui akun Instagram @yusufmansurnew.

“Yaa Allah Yaa Rabb … Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, wafat. Innaa lilaah …” dikutip dari akun Yusuf Mansur.

Kabar tersebut juga dibenarkan Ketua PBNU Robikin Emhas. Ia menyebut Habib Ali meninggal pukul 15.30 WIB sore tadi di RS Holistik Purwakarta.

“Mohon doa dan pembacaan surat Fatihah,” ucap Robikin melalui pesan singkat.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait penyebab Habib Ali meninggal.

Nama Habib Ali ramai dikaitkan dengan sosok Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab dalam rencana kepulangannya ke Indonesia pada 10 November tahun lalu.

Habib Ali, kata Rizieq, merupakan orang pertama yang ditemui Rizieq usai kembali ke Indonesia. Hubungan Habib Ali dengan Rizieq disebut tak hanya hubungan antara guru dan murid. Sebagai salah satu ulama yang dituakan, dia menyebut, sang ayah telah menjadi guru Rizieq bahkan sejak sebelum mendirikan FPI.

Keduanya terakhir bertemu pada 2018 saat Habib Ali beserta rombongan menjalankan ibadah umrah. Alwi mengingat, Rizieq kala itu sengaja menyambangi hotel yang ditempati Habib Ali untuk sekadar sowan.

Latar Belakang Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf merupakan seorang ulama pengasuh Majelis Taklim melalui Yayasan Al-Afaf yang berlokasi di Bukit Duri, Tebet Utara, Jakarta Selatan. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf merupakan anak kedua dari pasangan Habib Ali bin Abdurrahman Ahmad Assegaf (Sayyidul Walid) dan Hj. Barkah binti Ahmad Fusyani. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf lahir pada tahun 1945 di Bukit Duri, Jakarta.

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf menikah dengan Syarifah Tuffahah binti Abdullah Al Haddad dikaruniai 7 orang anak yang bernama Syarifah Zahro, Habib Ahmad, Habib Muhammad, Syarifah Zainab, Habib Alwi, Syarifah Aisyah, dan Habib Toha.

Riwayat Pendidikan dan Karier Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf memulai pendidikan langsung di bawah bimbingan Ayahnya di Madrasah Tsaqafah Islamiyah, Bukit Duri. Ia juga berguru kepada berbagai ulama besar seperti Habib Asad bin Syahab, Habib Ali bin Husein Al-Athos, Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi, Habib Salim bin Ahmad bin Jindan, Muallim Ahmad Junaedi, RKH. Abdullah bin Nuh dan masih banyak yang lain.

Beliau dikenal sebagai sosok ulama kharismatik yang ramah, dan mudah akrab dengan siapapun. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf juga dikenal sebagai guru dari Habib Rizieq Shihab.

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf pernah mendirikan Madrasah Assaqafah untuk jenjang TK dan SD di Menteng Atas dan kemudian ia pindah ke Bukit Duri dan mendirikan Majelis Taklim Al-Afaf. Nama Majelis Taklim Al-Afaf didapatkan dari pemberian salah satu gurunya yang bernama RKH. Abdullah bin Nuh. Seiring berjalannya waktu, Majelis Taklim Al-Afaf kini banyak disinggahi oleh berbagai ulama besar dari berbagai penjuru dunia.

Sumber: cnnindonesia, suara.com

Baca Juga

deras.co.id

INDEF Buktikan Investasi Miras Malah Rugikan Negara Ratusan Triliun

Jakarta, Ekonom Indef Dradjad Hari Wibowo membantah pembukaan investasi minuman keras akan memberi dampak ekonomi …